Jumat, 26 Jul 2019 08:40 WIB

Cuaca Semakin Panas, Wanita di Inggris Dinginkan Miss V dengan Es Lilin

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi Miss V didinginkan dengan es lilin. Foto: iStock Ilustrasi Miss V didinginkan dengan es lilin. Foto: iStock
Jakarta - Di belahan dunia lain cuaca menjadi semakin panas, seperti di Inggris yang mencapai 39 derajat celsius. Beragam saran dan anjuran untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin, salah satunya adalah memasukkan es lilin ke dalam vagina.

Seaneh kedengarannya, namun banyak wanita yang memercayai hal ini dengan harap hal tersebut dapat membantu tubuh cepat dingin. Namun tentu saja, para ahli menolak mentah-mentah dan menyarankan untuk tidak melakukan hal konyol ini.

"Vagina terdiri dari kulit yang lembut dan sensitif, sehingga hal-hal yang kelihatannya tidak membahayakan area tubuh lain, jika bersentuhan dengan vagina bisa menyebabkan infeksi, iritasi, hingga kerusakan. Ada banyak hal yang seharusnya tidak berdekatan dengan vagina dan salah satunya adalah es lilin. Esnya dapat menempel ke kulit vagina dan menyebabkan trauma dan kerusakan nyata," terang Dr Sarah Welsh, rekan pendiri dari merek kondom HANX, dikutip dari Mirror UK.



Dr Welsh melanjutkan, gula dalam es lilin bisa berpotensi merusak pH alami di dalam vagina. Yang lebih berbahaya lagi, es lilin tersebut bisa rusak di dalamnya.

Dr Shree Datta, konsultan ginekolog dari MyHealthcare Clinic mengamini hal tersebut. Ia menyarankan untuk menghindari benda asing apapun ke dalam vagina agar tak terkena risiko infeksi. Agar lebih dingin, sebaiknya mengenakan celana dalam bahan katun yang tidak ketat.

Selain itu hindari juga memakai pakaian ketat agar tidak terjadi iritasi dan dermatitis. Mandi dengan air dingin tanpa melakukan douching (pencucian vagina) dan tetap terhidrasi juga bisa membantu, lanjutnya.

Ini bukan pertama kalinya para ahli melemparkan peringatan soal hal-hal aneh perkara vagina. Pada bulan Juni lalu, dua wanita muda dimasukkan ke rumah sakit karena menggunakan vakum untuk menyedot darah menstruasi mereka agar selesai lebih awal.

Dalam kurun waktu terakhir, selain vakum, ada juga peringatan untuk tidak memasukkan bawang putih, bath bomb, timun dan seledri ke dalam vagina. Pesan para ahli jelas dan terang, jangan masukkan barang asing apapun ke dalam vagina kecuali yang memang diciptakan untuk masuk ke dalamnya.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)