Senin, 29 Jul 2019 13:37 WIB

Jakarta Masih Berpolusi, Ini 5 Cara Bersihkan Udara Secara Alami

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Tanaman lidah mertua diyakini ampuh menangkal polusi (Foto: Adelia Putri/detikHealth)
Jakarta - Jakarta terkepung polusi udara belakangan ini. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi dampak buruknya bagi kesehatan, termasuk memperbanyak tanaman penangkal polusi.

Polusi udara dapat menyebabkan beragam efek negatif bagi kesehatan, seperti sesak napas bahkan kanker. Udara yang beracun, terutama yang terdapat di kota besar sering kali dijernihkan dengan air purifier untuk di dalam ruangan.



Jika tak mau merogoh kocek terlalu dalam, berikut tips menjernihkan udara dengan bahan alami, dihimpun dari Indiatoday.in.

1. Lilin Beeswax
Jauhi lilin berbahan parafin yang menghasilkan polusi seperti benzena dan jelaga. Jika menyukasi lilin dengan aroma, pilih lilin beeswax yang baik untuk menjernihkan udara. Kandungan pada lilin beeswax mampu menetralkan senyawa racun, menghilangkan alergen dari udara, dan memperbaiki kualitas udara di rumah.

2. Tanaman rumah
Beragam jenis tanaman rumah mampu menjernihkan udara dan melawan polusi di dalam ruangan. Hal ini akan membantu mereka yang punya penyakit pernapasan. Sebuah studi yang dilakukan NASA menunjukkan bahwa tanaman rumah bisa mencegah efek dari racun, seperti amonia dan formaldehid.



3. Arang aktif
Bahan yang tidak berbau ini mampu mengaktivasi karbon dan membantu menjernihkan udara dalam ruangan. Arang aktif juga dapat mengurangi racun dari udara.

4. Ventilasi udara
Ketimbang membuka jendela lebar dan membiarkan polusi masuk ke rumah, lebih baik memasang ventilasi dengan lubang yang cukup rapat untuk menjernihkan dan mendaur ulang udara di dalam ruangan. Boleh dengan memasang exhaust fan yang mendorong polutan keluar, terutama di kamar mandi.

5. Minyak esensial
Aroma yang menenangkan dari minyak esensial kerap dijadikan sebagai terapi. Ternyata, minyak esensial seperti rosemary, kayu manis, oregano, tea tree, dan lemon punya kemampuan untuk membunuh bakteri, virus, dan jamur di sebuah ruangan. Tak hanya itu, minyak esensial juga dapat menjernihkan udara.



Simak Video "Bahayanya Polutan PM2,5 Bagi Kesehatan Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)