Sabtu, 03 Agu 2019 12:00 WIB

Aktris Selma Blair Jalani Stem Cell untuk Multiple Sclerosis yang Diidapnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selma Blair. (Foto: Dia Dipasupil/Getty Images) Selma Blair. (Foto: Dia Dipasupil/Getty Images)
Jakarta - Aktris Selma Blair sedang menjalani perawatan untuk me-reset ulang sistem kekebalannya saat ia melanjutkan pertempurannya dengan multiple sclerosis (MS) yang diidapnya.

Blair memposting di akun Instagram miliknya saat-saat ia menjalani transplantasi sel induk hematopoietik atau hematopoietic stem cell transplantation (HSCT) sebuah pengobatan yang telah lama digunakan untuk mengobati kanker darah dan sumsum tulang.

"Immunocompromised untuk setidaknya tiga bulan ke depan. #newimmunesystem #whodis," tulis Blair pada caption.

Dokter saat ini telah menggunakan perawatan tersebut untuk mencoba me-reboot sistem kekebalan tubuh pasien MS seperti Blair dengan harapan menghentikan serangan pada otak dan sumsum tulang belakang.


Dikutip dari Healthline, multiple sclerosis adalah gangguan kronis di mana sel-sel dari sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel saraf dari sistem saraf pusat (SSP). Blair, yang saat ini berusia 47 tahun, pertama kali secara terbuka mengungkapkan diagnosis MS-nya tahun lalu.

Proses HSTC adalah proses yang panjang yang dapat mencakup berbulan-bulan di rumah sakit, kata para ahli. Pertama, sel induk dipanen dari pasien atau donor kemudian pasien diberikan kemoterapi, terapi radiasi atau keduanya untuk menekan sel-sel kekebalan dan mengurangi tingkat sel kanker. Dalam beberapa kasus, kemo-radiasi diberikan sebelum panen.

Selanjutnya, sel-sel induk yang awalnya dipanen dimasukkan ke dalam tubuh pasien. Risiko infeksi tinggi mengharuskan dokter memasukkan pasien di ruang pribadi yang terisolasi dan memantau mereka di rumah sakit selama berbulan-bulan sementara sistem kekebalan tubuh membangun kembali dirinya sendiri.



Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)