Senin, 05 Agu 2019 08:35 WIB

Siapa Sangka, Vaksin HPV Bisa Dipakai Pria untuk Cegah Kanker dan Kutil Kelamin

Michelle Natasha - detikHealth
Ilustrasi kanker kelamin pada pria. (Foto: thinkstock) Ilustrasi kanker kelamin pada pria. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Human Papilloma Virus atau biasa dikenal dengan HPV merupakan virus yang dapat menginfeksi kulit dan selaput lendir pada manusia. Umumnya HPV menjadi salah satu penyebab terbesar kanker serviks pada wanita. Tapi jangan salah, HPV juga bisa menyerang para pria.

Pria yang terinfeksi HPV dapat terkena kutil genital di daerah kelamin dan kanker.

"Jangan dikira HPV hanya berbahaya bagi perempuan. Memang betul pada perempuan kanker serviks itu yg paling sering, tapi HPV juga bisa menyerang laki-laki dalam bentuk kutil ataupun kanker. Kanker ini biasanya di daerah kelamin laki-laki, anus, dan yang paling banyak di daerah rongga mulut," ujar Dr. dr. Wresti Indriatmi, Sp.KK (K), M.Epid, spesialis penyakit kulit dan kelamin di RSCM saat ditemui di Grand Sahid Jaya Hotel, Minggu (4/8/2019).

HPV memiliki banyak tipe dan setiap orang bisa terkena lebih dari satu tipe HPV pada waktu bersamaan.


"Orang yang kena HPV tipe 6 dan 11 yang menimbulkan kutil juga bisa kena tipe HPV yang high risk yang menyebabkan kanker," jelas dr. Wresti.

"5 dari 10 pria itu bisa terkena kanker akibat HPV," tambahnya.

Oleh karena itu, vaksin HPV dibutuhkan tidak hanya bagi perempuan tapi juga laki-laki. Selain untuk mencegah penularan HPV pada perempuan, vaksin HPV juga berguna untuk mencegah kutil dan kanker kelamin pada laki-laki.

Vaksin HPV dianjurkan bagi kelompok usia 10-55 tahun. Para pria dapat memperoleh vaksin HPV tipe kuadrivalen yang mengandung 4 tipe virus yaitu tipe 6, 11, 16, dan 18 untuk cegah kutil kelamin dan kanker.



Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)