Senin, 05 Agu 2019 15:13 WIB

Masih Ada Pemadaman Listrik Bergilir, RSCM Minta Pertamina Siap Solar

Firdaus Anwar - detikHealth
Listrik padam, RSCM butuh pasokan solar untuk genset (Foto: Rachman Haryanto) Listrik padam, RSCM butuh pasokan solar untuk genset (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Gangguan kelistrikan yang terjadi pada hari Minggu (4/8) siang belum sepenuhnya pulih. Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS mengatakan suplai listrik ke objek vital seperti rumah sakit seharusnya tidak terganggu.

Menurut dr Lies, saat listrik padam kemarin pelayanan di RSCM masih bisa berjalan sesuai standar berkat bantuan sistem genset. Beberapa sistem di RSCM ada yang dilakukan secara manual, namun untuk kamar operasi, ICU, NICU, PICU, dan IGD tetap normal.

Hanya saja bila memang ada pemadaman listrik bergilir kondisinya saat ini genset di RSCM masih bisa bertahan untuk sekitar 24 jam sebelum perlu diisi ulang bahan bakar solar.

"Persoalannya kalau memang harus dikhawatirkan berkepanjangan mati lampu, atau berulang, kita hanya perlu pasokan solar," kata dr Lies, ditemui di ruang pertemuan RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2019).



"Tadi malam saja kita minta isi Pertamina sudah mulai kelabakan karena semua instansi termasuk rumah sakit se-Jakarta minta solar juga. Jadi kita inginnya mungkin Pertamina bisa siap-siap seandainya terjadi suatu hal," lanjut dr Lies.

Bila genset pada akhirnya mati total, dr Lies menjamin bahwa RSCM masih punya cadangan listrik lain yaitu dari UPS (Uninterruptible Power Supply).

"Untuk pasien, keluarga pasien, dan masyarakat kami ingin sampaikan tidak perlu khawatir," tegas dr Lies.



Simak Video "Melihat RS Universitas Indonesia, ''Green Hospital'' yang Tahan Gempa"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)