Senin, 05 Agu 2019 16:14 WIB

RSCM Luncurkan Pusat Layanan Prostat Berteknologi Robot

Adelia Putri - detikHealth
RSCM membuka layanan prostat terpadu berteknologi robotik. (Foto Ilustrasi: Dwi Andayani-detikcom) RSCM membuka layanan prostat terpadu berteknologi robotik. (Foto Ilustrasi: Dwi Andayani-detikcom)
Jakarta - Kanker Prostat merupakan jenis kanker dengan jumlah angka kejadian terbanyak ke 4 di seluruh dunia, dan menempati urutan ke 2 kanker yang di derita oleh pria di bawah kanker paru. Berdasarkan data Global Cancer Statistics 2018 diperkirakan ada 1,2 juta kasus baru muncul di seluruh dunia dan sebanyak 359.000 kematian disebabkan oleh kanker prostat.

Terkait hal itu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) baru-baru ini meluncurkan Pusat Layanan Prostat Terpadu (Prostate Center). Pusat layanan ini memanfaatkan teknologi robotik yang canggih diklaim pertama di Indonesia.

Menurut Kepala Departemen Urologi RSCM Dr dr Irfan Wahyudi, SpU(K) teknologi robotik ini bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada pasien dan juga dapat meningkatkan kecepatan saat pengambilan sampel sel kanker prostat. Dampaknya waktu pelaksanaan biopsi dilakukan lebih singkat.


"Proses penegakan kanker, termasuk kanker Prostat di Indonesia, dirasa masih memberatkan pasien karena pasien harus dateng berulang kali hanya untuk menentukan biopsi prostat saja," kata dr Irfan saat ditemui detikHealth di kawasan RSCM, Senin (5/8/2019).

"Hal ini kemudian direspon oleh RSCM melalui Departemen Urologi Untuk memperbaiki pelayanan deteksi dini kanker prostat dengan pengembangan SDM, sistem dan penunjangnya," pungkasnya.



Simak Video "Panjang Penis Bisa Berubah Pasca Operasi Prostat?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)