Jumat, 09 Agu 2019 12:45 WIB

Bahaya Ratus Vagina, Organ Intim Wanita Ini Mengalami Luka Bakar

Firdaus Anwar - detikHealth
Ratus vagina berisiko timbulkan cedera. (Foto: iStock) Ratus vagina berisiko timbulkan cedera. (Foto: iStock)
Jakarta - Ratus vagina di mana organ intim sengaja diberi uap panas sering diklaim baik untuk kesehatan dan kecantikan. Padahal sebetulnya tren yang populer di kalangan wanita ini sangat tidak disarankan karena malah berisiko.

Kasus terbaru contohnya dilaporkan dalam jurnal Obstetrics and Gynaecology Canada 2019 ada wanita berusia 62 tahun harus dirawat karena vaginanya mengalami luka bakar tingkat dua. Menurut penulis laporan, dr Magali Robert, sang wanita sampai harus menjalani operasi bedah rekonstruksi.

Diceritakan awalnya wanita tersebut ingin mencoba mengatasi masalah vagina kendur. Ia mendapat saran dari terapis pengobatan alternatif China untuk mencoba ratus vagina.


Sang wanita lalu melakukan ratus vagina dengan duduk tepat di atas wadah berisi air mendidih selama 20 menit. Hal ini dilakukan selama dua hari berturut-turut sampai akhirnya rasa sakit memaksa sang wanita untuk pergi ke unit gawat darurat.

"Pemberi layanan kesehatan perlu sadar terapi alternatif yang seperti ini sehingga mereka bisa membantu para pasien wanita membuat pilihan berdasarkan informasi akurat dan menghindari potensi bahaya," kata dr Magali seperti dikutip dari BBC, Jumat (9/8/2019)

Sejak laporan dipublikasi di jurnal beberapa dokter membagikan kisah sang wanita di media sosial. Harapannya dengan demikian semakin banyak yang paham risiko dari ratus vagina.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)