Minggu, 11 Agu 2019 15:15 WIB

Begini Cara Simpan Daging Kurban Agar Bisa Tahan Berbulan-bulan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Daging yang disimpan dalam kondisi beku di freezer. Foto: iStock Daging yang disimpan dalam kondisi beku di freezer. Foto: iStock
Jakarta - Setelah Idul Adha, stok daging sapi maupun kambing akan makin banyak mengisi kulkas. Tentu ibu-ibu tak mau kalau daging yang mereka simpan memburuk kualitasnya. Untuk itu, ada beberapa saran penyimpanan daging agar tak mudah rusak.

"Karena daging itu mudah rusak ya jadi memang simpan pada suhu dingin atau sebetulnya kalau mau dibekukan untuk waktu yang lama lebih bagus," tutur ahli teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Purwiyatno Hariyadi saat dijumpai detikHealth baru-baru ini.

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, bukankah disimpan di freezer malah merusak kualitas dagingnya?

"Itu salah ya. Jadi produk yang dibekukan, semuanya di freeze. Termasuk penurunan mutu juga di-freeze," jawab Prof Purwiyatno.


Memang ketika disimpan di lemari pendingin, Prof Purwiyatno tak menampik bahwa tekstur daging akan sedikit berubah. Tapi jika diolah dengan baik tak akan mempengaruhi rasa daging.

Jika menyimpan di pendingin, selain daging bisa awet masa tahannya juga bisa sampai berbulan-bulan lho! Jadi ada stok daging selama beberapa saat ke depan.

"Kalau dengan lemari es biasa bisa tiga sampai empat hari. tapi kalau di freezer sepanjang itu frozen bisa sebulan, tiga bulan, empat bulan juga nggak masalah," pungkasnya.



Simak Video "Jelang Idul Adha, Hati-hati Bahaya Kolesterol Mengincar!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)