Senin, 12 Agu 2019 14:15 WIB

Seberapa Penting Peran Ayah bagi Tumbuh Kembang Anak?

Michelle Natasya - detikHealth
Seorang bocah menangis takut ayahnya tertukar dengan sapi (Foto: 20detik) Seorang bocah menangis takut ayahnya tertukar dengan sapi (Foto: 20detik)
Jakarta - Video seorang anak perempuan menangis viral di Twitter karena ia tidak mengizinkan ayahnya ikut memotong kurban. Hal ini dikarenakan ia takut ayahnya tertukar dengan sapi. Video singkat ini memperlihatkan kita kedekatan seorang anak perempuan dengan ayahnya. Tapi seberapa penting peran ayah dalam tumbuh kembang anak?

Ratih Zulhaqqi, S.Psi, M.Psi, psikolog anak di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok mengatakan bahwa peran ayah sangat penting terhadap tumbuh kembang anak. Anak yang dekat dengan ayahnya cenderung memiliki kemampuan berpikir logis dan manajemen emosi yang baik.

"Penting banget. Kalau peran ayah banyak muncul itu biasanya ada dampak positif buat tumbuh kembang anak ke depan. Kemampuan berpikir secara logis juga jadi lebih baik karena punya kedekatan dengan ayah. Biasanya kalau anak-anak yang peran ayahnya kurang, kemampuan memfilter emosinya juga rendah," jelas Ratih saat dihubungi detikHealth, Senin (12/8/2019).



"Ada juga riset yang mengatakan bahwa kedekatan antara ayah dan anak bisa dilihat dari nilai matematika yang dia capai. Kalau ayahnya makin dekat dengan anak, nilai matematika nya juga lebih baik," tambahnya.

Untuk mendekatkan diri dengan anak yang terpenting adalah orangtua meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang berkualitas dengan anak. Hindari kegiatan yang sifatnya hanya satu arah seperti menonton TV dan bermain gadget. Ratih juga mengatakan mendekatkan diri ke anak sama seperti melakukan PDKT.

"Sebenarnya pendekatan ke anak itu sama saja kayak PDKT. Cari tahu apa yang jadi kesukaan anak, memahami dia. Kalau sudah dekat kita bisa coba untuk ngajarin value dalam hidup. Kalau bisa ibu juga memberikan waktu bagi ayah untuk dekat dengan anak tanpa interupsi," pungkas Ratih.



Simak Video "Kocak! Viral Facial 'Peletak Peletok' yang Bikin Pasien Histeris"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed