Rabu, 14 Agu 2019 12:23 WIB

Telanjur Jadi Olok-olok, Sebutan 'RSJ Grogol' Akan Ditinggalkan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
RSJ Grogol Soeharto Heerdjan (RSJSH) (Foto: Radian Nyi S) RSJ 'Grogol' Soeharto Heerdjan (RSJSH) (Foto: Radian Nyi S)
Jakarta - Berdiri sejak tahun 1924, RSJ dr Soeharto Heerdjan menjadi salah satu rumah sakit jiwa tertua di Indonesia. Dari dulu hingga kini, masyarakat mengenal rumah sakit ini dengan sebutan RSJ Grogol yang sayangnya memunculkan satu stigma negatif di beberapa kalangan.

Tak dapat dipungkiri, kesehatan jiwa masih sering menjadi bahan ejekan yang membuat rumah sakit ini kerap dijadikan 'rujukan' bagi banyak orang bahkan dijadikan bahan olok-olok di tongkrongan anak muda.

"Iya orang kenalnya RSJ Grogol, sekarang kita mau ubah jadi RSJ Soeharto Heerdjan," tutur Susi Agustin, okupasi terapis dari RSJ Grogol dr Soeharto Heerdjan saat dijumpai detikHealth, Selasa (13/8/2019).


"Biar jadi nggak bahan olok-olok. Dulu apa-apa kan selalu bilang 'lo gila ya gue bawa ke Grogol ya', itu yang pengin kita ubah," sambungnya.

Memang tak mudah mengubah pandangan banyak orang apalagi RSJ Soeharto Heerdjan ini merupakan salah satu rumah sakit jiwa rujukan nasional yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan.

"Kita mau masyarakat lebih paham kalau (kesehatan jiwa) tak boleh jadi bahan ejek," tambahnya.



Simak Video "Begini Atasi Pertanyaan "Kapan Nikah?" "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)