Kamis, 15 Agu 2019 19:37 WIB

Tak Cuma Cetirizine, Obat Apapun Tak Boleh untuk Bikin Anak Tidur Pulas

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Obat apapun tidak boleh disalahgunakan untuk bikin anak tidur pulas (Foto: iStock) Obat apapun tidak boleh disalahgunakan untuk bikin anak tidur pulas (Foto: iStock)
Jakarta - Memasukkan obat ke dalam susu agar anak mengantuk dan tak rewel tidak dibenarkan dalam dunia kedokteran. Obat yang diberikan tanpa takaran dan tanpa indikasi tersebut bisa menimbulkan efek samping pada anak.

Obat antihistamin yang bertujuan menekan alergi dapat menyebabkan kantuk, pusing, atau sakit perut. Menurut dr Arifianto, SpA, salah satu obat golongan antihistamin, cetirizine punya efek samping menyebabkan kantuk, sehingga kerap disalahgunakan.

Namun menurut dr Wiyarni Pambudi, SpA dalam wawancara terpisah, efek kantuk yang dihasilkan cenderung minim.
Prinsipnya adalah tidak boleh membuat anak mengantuk dengan cara menambahkan obat apapun.dr Arifianto, SpA - Dokter anak



Ada pula yang menggunakan obat antimabuk perjalanan dalam campuran susu. Tujuannya sama, yakni agar anak mengantuk dan membuatnya pasif.

"Prinsipnya adalah tidak boleh membuat anak mengantuk dengan cara menambahkan obat apapun," tegas dr Arifianto, Kamis (15/8/2019).

Menambahkan obat dalam susu diperbolehkan jika memang ada indikasi pemeriksaan tertentu.

"Itu pun juga dokter yang memerintahkan hal tersebut," imbuhnya.



Simak Video "Kocak! Viral Facial 'Peletak Peletok' yang Bikin Pasien Histeris"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed