Minggu, 18 Agu 2019 05:35 WIB

4 Tips Mudah untuk Menghindari Risiko Kanker

Rosmha Widiyani - detikHealth
Risiko kanker bisa dikurangi dengan 4 tips mudah (Foto: iStock) Risiko kanker bisa dikurangi dengan 4 tips mudah (Foto: iStock)
Jakarta - Bajakah kini menjadi tanaman yang banyak dicari masyarakat, karena dianggap mampu mengatasi kanker payudara. Khasiat bajakah menghadapi kanker belum teruji secara klinis.

"Masyarakat harus bijak ya. Hingga saat ini belum ada uji klinis soal bajakah. Indonesia sebetulnya kaya herbal, namun untuk obat sebaiknya konsumsi yang telah teruji," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Cut Putri Arianie.



Kanker adalah penyakit yang sebetulnya bisa dicegah dan ditangani sedini mungkin jika terdeteksi. Berikut 4 tips mencegah kanker.

1. Positive thinking

Berpikir positif menjadi salah satu tips utama mencegah kanker. Pikiran baik mencegah stres, cemas, sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas dengan baik.

"Selalu positive thinking ya. Kanker ini bisa dicegah dan bajakah bukan satu-satunya obat, tetap diperlukan yang konvension," kata Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi, MPH.

2. Makan sehat

Oscar berpesan selalu menerapkan pola makan sehat setiap hari. Pola makan mencakup rutin konsumsi buah, sayur, dan cukup minum air putih.

"Jangan makan yang terlalu banyak gula, garam, dan lemak. Selalu utamakan makan buah dan sayur," kata Oscar.

3. Olahraga

Aktivitas fisik 30 menit tiap hari cukup membantu tubuh selalu sehat. Olahraga mencegah obesitas yang merupakan awal penyakit hipertensi, jantung, dan diabetes.

"Jangan lupa olahraga ya. Supaya tubuh lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit," kata Oscar.

4. Pola hidup bersih dan tidak merokok

Rokok telah terbukti mengandung berbagai zat racun yang memicu tumbuhnya sel kanker. Tidak merokok membantu tubuh menghadapi faktor risiko kanker dengan lebih mudah.

Tips lain adalah menjaga pola hidup bersih, misal rajin cuci tangan. Kebiasaan gampang dan sederhana ini mencegah tubuh mengalami infeksi, memperkuat imun, dan hidup lebih sehat.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)