Selasa, 20 Agu 2019 14:52 WIB

Idap Hepatitis dan TBC, Amitabh Bachchan Kini Hidup dengan 25 Persen Fungsi Hati

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Amitabh Bachchan idap TBC dan Hepatitis B (Foto: Tim P. Whitby/Getty Images) Amitabh Bachchan idap TBC dan Hepatitis B (Foto: Tim P. Whitby/Getty Images)
Jakarta - Aktor Bollywood legendaris, Amitabh Bachchan dalam sebuah acara mengejutkan penggemar setelah ia mengungkap bahwa dirinya pernah mengidap TBC (Tuberkulosis) selama delapan tahun dan tidak menyadarinya. Saat ini ia juga mengidap Hepatitis B yang mengacaukan fungsi hatinya.

Meski demikian, ia tak malu mengakui penyakitnya tersebut dan saat ini aktor yang pernah bermain dalam film Kabhi Kushi Kabhi Gham mengatakan tak keberatan jika seseorang menyebut dirinya pengidap tuberkulosis.

Pada kesempatan tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk selalu melakukan check up kesehatan rutin agar penyakit bisa terdeteksi sejak dini.


"Kala itu saya tidak tahu selama hampir 8 tahun saya menderita tuberkulosis. Hingga kini saya selalu menganjurkan untuk tes kesehatan rutin karena itu bisa terjadi kepada siapapun," katanya dikutip dari Times On News.

Aktor yang kini berusia 76 tahun itu berharap kisahnya bisa menjadi 'pelajaran' bagi banyak orang untuk selalu memperhatikan kesehatannya. Apalagi saat ini ia kena 'imbasnya' karena hanya 25 persen fungsi hatinya yang tersisa.

"Infus darah yang buruk masuk dan 75 persen hati saya hilang. Ketika 75 persen hati saya hilang, saya harus bisa bertahan dengan 25 persen," tutupnya.



Simak Video "Ditarik BPOM, Berikut Daftar Obat Maag yang Berisiko Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)