Selasa, 20 Agu 2019 16:45 WIB

Bos Salon Pemeran 'Seks Gangbang' Positif HIV, Begini Tes HIV Dilakukan

Firdaus Anwar - detikHealth
Contoh alat tes HIV yang bisa dilakukan sendiri. (Foto: ABC Australia) Contoh alat tes HIV yang bisa dilakukan sendiri. (Foto: ABC Australia)
Jakarta - Salah satu pelaku 'seks gangbang' yang videonya membuat heboh di Garut diketahui mengidap human immunodeficiency virus (HIV). Hal ini terungkap setelah tim dokter kesehatan dari Polres Garut memeriksa kondisi kesehatannya.

"Untuk tersangka inisial A dinyatakan positif mengidap HIV," ujar Kasatreskrim Polres Garut AKP Maradona Armin Mappaseng di Mapolres Garut, Jalan Sudirman, Selasa (20/8/2019).

HIV diketahui bisa menyebar salah satunya lewat perilaku seks berisiko. Oleh karena itu setiap orang yang mungkin memiliki faktor tersebut sangat disarankan untuk melakukan tes HIV agar penyakit tidak menyebar lebih jauh.


Tes HIV sendiri tidak lebih rumit dari tes darah pada umumnya, bahkan cuma perlu waktu sekitar 10 menit untuk tahu hasil. Dibutuhkan tidak lebih dari 1 cc darah untuk diteteskan bersama reagen tertentu.

Jika hasilnya positif bisa langsung berobat, sedangkan jika negatif maka dianjurkan untuk periksa lagi 3 bulan kemudian untuk mengantisipasi kemungkinan virus belum terdeteksi selama periode jendela.

Tes HIV pada awalnya mungkin hanya bisa dilakukan di laboratorium namun kini sudah banyak muncul peralatan tes yang ringkas dan cepat sehingga bahkan bisa dilakukan siapa saja. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan mempromosikan metode tes HIV sendiri di beberapa tempat.

"Ada banyak alat periksa HIV yang sudah teregulasi mulai dari yang membutuhkan cairan mulut hingga darah. Hasilnya bisa dilihat sekitar 20 menit atau lebih cepat. Pilihan alat ini penting bagi pengguna yang memiliki nilai dan keinginan tertentu," kata ahli tes HIV, Cheryl Johnson, dikutip dari situs resmi WHO.



Simak Video "Virus HIV Bisa Dihambat Sama Obat ARV"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)