Jumat, 23 Agu 2019 14:26 WIB

Studi: Beristirahat dengan Bermain Ponsel Tidak Baik untuk Otak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Main ponsel waktu istirahat tidak disarankan studi. (Foto: Thinkstock) Main ponsel waktu istirahat tidak disarankan studi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Dalam mengisi waktu istirahat, banyak orang yang memanfaatkannya dengan bermain ponsel. Faktanya, menggunakan atau bermain ponsel saat beristirahat akan berdampak pada kinerja otak.

Dikutip dari Times Now News, Associate Professor di Rutgers University, Amerika Serikat, Terri Kurtzberg, menjelaskan menggunakan ponsel setelah mengerjakan tugas-tugas yang berat, membuat otak tidak memungkinkan untuk bekerja secara efektif seperti semula.

"Efek ini kemungkinan akan terjadi. Karena selama bermain ponsel, anda akan mengaktifkan pikiran untuk memeriksa pesan, mengakses informasi, dan terus diisi lebih banyak lagi. Jadi ketika mulai untuk bekerja kembali akan sulit," jelas Terri.


Berdasarkan studi penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Behavioral Addictions, para peneliti menganalisis 414 mahasiswa sarjana yang diminta untuk memecahkan 20 set teka-teki kata.

Di tengah jalan, mereka diberikan waktu beristirahat dan diminta untuk memilih di antara tiga item, yaitu ponselnya, kertas bundar, atau komputer.

"Mereka yang memilih ponsel butuh waktu lebih lama 19 persen dan memecahkan 22 persen lebih sedikit dari sisa teka-teki yang ada, daripada orang yang memilih beristirahat dengan cara lainnya," ujarnya.

Dalam segi efisiensi dan kecepatan pasca istirahat, mereka yang memilih ponsel masih sebanding dengan yang lainnya. Namun, dari jumlah kata yang dapat diselesaikan lebih sedikit dan kinerja otaknya memburuk.

Mereka yang memilih ponsel membutuhkan waktu 19 persen lebih lama dan memecahkan 22 persen lebih sedikit sisa tugasnya.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)