Jumat, 23 Agu 2019 16:24 WIB

Obat Cetirizine: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Puti Yasmin - detikHealth
Obat Cetirizine: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping/Foto: iStock Obat Cetirizine: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping/Foto: iStock
Jakarta - Obat Cetirizine biasa digunakan untuk meredakan gejala alergi. Nah, apa saja manfaat lain, dosis, hingga efek sampingnya? Yuk simak!

Cetirizine bekerja untuk menghalangi produksi zat alami tertentu atau histamin yang dihasilkan selama tubuh mengalami alergi.



Nah, berikut informasi obat Cetirizine yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Manfaat

Cetirizine digunakan untuk meredakan gejala alergi, seperti mata berair, pilek, mata atau hidung gatal, bersin, dan gatal-gatal. Meskipun begitu, obat ini tidak dapat digunakan untuk mencegah reaksi alergi yang parah.

2. Dosis

Obat Cetirize harus digunakan berdasarkan resep dokter. Pasalnya, takaran dosis untuk tablet maupun sirup akan disesuaikan dengan indikasi alergi yang terjadi.



3. Efek Samping

Cetirizine memiliki efek samping setelah dikonsumsi, antara lain, mengantuk, pusing, sakit kepala, sakit perut, hingga lemas. Walaupun begitu, tak semua orang akan mengalami efek samping yang sama.

4. Peringatan

Obat Cetirizine tidak boleh digunakan untuk anak di bawah usia 6 bulan. Selain itu, konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan Cetirizine dengan ahli medis.

Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)