Minggu, 25 Agu 2019 16:55 WIB

Viral Jenazah Dibopong di Tangerang, Apa Bedanya Ambulans Vs Mobil Jenazah?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Jenazah ponakan yang dibopong pamannya di Tangerang. Foto: Screenshot video Jenazah ponakan yang dibopong pamannya di Tangerang. Foto: Screenshot video
Jakarta - Kejadian viral di internet memperlihatkan jenazah seorang anak yang dibawa pulang dengan cara dibopong. Jenazah Husein (8) terpaksa dibawa pulang pamannya Supriyadi tanpa ambulans karena penolakan dari puskesmas.

Kepada detikHealth, dokter ahli emergensi medik dr Wahyuni Dian Purwanti, SpEM menjelaskan bahwa ambulans untuk mengangkut pasien memang berbeda dengan mobil jenazah. Ambulans untuk jenazah biasa disebut mobil jenazah atau kereta merta.

"Memang berbeda. Mobil jenazah tidak untuk mengantar pasien," kata dr Wahyuni, Minggu (25/8/2010).


Memangnya apa bedanya?

Perbedaan pertama ada di desain dan kelengkapan yang menyertainya. Ruangan untuk ambulans biasanya lebih luas karena digunakan untuk menaruh berbagai peralatan kesehatan. Sedangkan ruang dalam mobil jenazah biasanya hanya diperuntukkan bagi jenazah dan keluarga pengantar, tanpa areal untuk perlengkapan medis.

Perbedaan ambulans pasien dengan mobil jenazah menjadi perbincangan hangat menyusul berita viral tentang jenazah anak di Tangerang yang dibopong pamannya karena tidak mendapat ambulans dari puskesmas. Kejadian ini dikonfirmasi oleh Supriyadi, paman pasien.

"Iya betul, itu kejadian Jumat (23/8) sore, malamnya langsung dimakamkan di TPU Cikokol," kata Supriyadi, Minggu (25/8/2019).


Terkait kasus ini, Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah mengaku telah memberikan teguran pada Dinas Kesehatan. Ia juga meminta dilakukan pembenahan SOP (Standard Operational Procedure) terkait hal itu.

"Takziah ke keluarga Almarhum ananda Husein Dan menyampaikan permohon maaf atas kekurangsigapan petugas puskesmas," kata Arief.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)