Senin, 26 Agu 2019 13:11 WIB

Sering Merasa Sulit BAB Saat di Luar Rumah? Ini Dia Alasannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi buang air besar. Foto: thinkstock Ilustrasi buang air besar. Foto: thinkstock
Jakarta - Sulit buang air besar (BAB) saat berada di tempat baru misalnya saat liburan mungkin terdengar aneh. Namun sebenarnya kondisi ini punya alasan medis di baliknya.

"(Ini adalah) masalah yang benar-benar sering terjadi," kata ahli pencernaan Edwin Levine, MD, dikutip dari Reader's Digest.

Menurut Dr Levine, alasan terbesarnya adalah perubahan jadwal, misalnya rutinitas BAB normal atau perbedaan waktu. Saat jadwalnya menjadi berantakan, tubuh bisa menjadi berantakan, akibatnya terjadi sembelit.

Saat berada di luar rumah atau liburan kita cenderung berhenti mendengarkan sinyal tubuh sendiri. Beberapa gejala terkadang bisa terlewatkan begitu saja, bahkan kita tidak menyadarinya sama sekali.


Kemudian kamar mandi baru yang sama sekali asing terkadang membuat kita tidak rileks. Padahal rileks merupakan salah satu kunci agar BAB lancar. Apalagi jika kamu berada di kamar mandi atau toilet umum yang kamu merasa tidak nyaman dan aman sehingga BAB jadi 'tertahan'.

"Saat kamu merubah pola makanmu, kamu juga mengganggu siklus sistem pencernaan yang biasanya," imbuh Dr Levine, yang menambahkan soal dehidrasi dan konstipasi yang kerap terjadi saat berlibur yang bisa mengganggu pencernaan.

Lalu adakah cara mencegahnya? Cara mencegahnya lebih mudah daripada mengobati, dan rasa sembelit ini umumnya muncul di hari-hari pertama liburan. Karena itu coba perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran untuk menambah serat.

Kemudian jaga agar tetap terhidrasi dan rileks. Liburan pada umumnya menjadi suatu kegiatan untuk melepas stres, oleh karena itu benar-benar rencanakan liburanmu yang bebas-stres.



Simak Video "Lakukan 2 Hal Ini untuk Atasi Bayi Sembelit"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)