ADVERTISEMENT

Senin, 26 Agu 2019 14:23 WIB

Manfaat Punya Pasangan Romantis Bisa jadi Penghilang Rasa Sakit

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi pasangan romantis. Foto: iStock
Jakarta - Punya pasangan yang romantis pasti diinginkan oleh setiap wanita. Bukan hanya bisa membuat suatu hubungan menjadi lebih baik, namun menurut sebuah penelitian juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan di Austria, memiliki pasangan romantis di dekat kita bisa menekan rasa sakit yang dialami. Ini membuktikan bahwa empati dari pasangan memiliki efek penghilang rasa sakit lebih besar.

Dalam penelitian ini melibatkan 40 pasangan romantis yang salah satunya mendapatkan rasa sakit pada jarinya dengan tekanan benda berat. Eksperimen dilakukan sebanyak tiga kali, dua kali eksperimen dibiarkan sendirian, dan eksperimen lainnya ditemani dengan pasangan mereka.



Kemudian pasangan mereka duduk satu meter di sampingnya. Mereka tidak diizinkan untuk berpegangan tangan atau saling berbicara, mereka hanya diminta untuk melakukan kontak mata.

Peserta yang memiliki pasangan dengan empati tinggi tampaknya memiliki peningkatan yang lebih besar dalam toleransi rasa sakit daripada sendirian.

"Dapat dikatakan bahwa pengalaman sehari-hari dengan pasangan yang sangat berempati mengarah pada ekspektasi umum akan welas asih dan dukungan emosional dalam situasi yang mengancam. Dengan demikian, satu-satunya kehadiran pasangan dapat mengurangi tekanan dan sensitivitas rasa sakit," kata Prof Stefan Duschek selaku peneliti utama dikutip dari DailyMail.



Simak Video "Keterangan Kemenkes soal Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT