Senin, 26 Agu 2019 21:05 WIB

Eksekusi Alan Turing di Inggris dan Kebiri Kimia di Berbagai Belahan Dunia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilmuwan matematika Alan Turing pernah menjalani hukuman kebiri kimia dan akhirnya bunuh diri (Foto: iStock)
Jakarta - Di Indonesia, hukuman kebiri kimiawi telah dijatuhkan pada seorang tukang las asal Mojokerto, yang terbukti bersalah memperkosa 9 anak. Beberapa negara di dunia juga menjalani hukuman tersebut untuk memberikan efek jera dan mengurangi kasus kekerasan serta pelecehan seksual.

Dikutip dari News Mail, beberapa negara ini telah menjalani pidana pengebirian secara kimia untuk para predator seksual.



1. Kazakhstan

Kazakhstan mulai memberlakukan kebiri kimia terhadap salah satu pedofil di wilayah Turkestan. Negara ini mulai memberlakukan hukuman ini dan menjalankan kebiri kimia pertama pada tahun 2016. Pejabat setempat mengumumkan, proses kebiri kimia dengan cara disuntik ini diawasi oleh Kementerian Kesehatan Negara tersebut. Kazakhstan menggunakan Cyproterone, anti-androgen steroid yang dikembangkan untuk melawan kanker dan prosedur akan dilakukan di klinik psikoneurologis regional.

2. Moldova

Undang-undang yang berlaku di Moldova menyatakan, jika terbukti melakukan tindak pedofilia, baik itu warga negara maupun negara asing akan ditindak dengan hukuman kebiri kimia. Undang-undang tersebut berlaku mulai pada tahun 2012 dan dijalankan oleh pihak kepolisian setempat untuk menghukum para predator seksual.

3. Inggris

Pada tahun 1952, ilmuwan matematika legendaris Alan Turing divonis untuk menjalani kebiri kimia secara paksa oleh pihak kepolisian. Tindakan ini dilakukan karena Alan Turing dianggap memiliki perilaku menyimpang, yaitu homoseksual. Namun, efek dari kebiri kimia membuat dirinya tersiksa hingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di usia 41 tahun dengan racun.



4. Alabama

Negara bagian Alabama menandatangani masuknya tindakan kebiri kimia ke dalam aturan hukum yang berlaku. Alabama mulai menerapkan hukuman ini pada Juli 2019. Prosedur hukuman ini akan dijalani dengan diawasi oleh Departemen Kesehatan Masyarakat Alabama.

5. California

California melalui Undang-undang tahun 1996 telah menerapkan hukuman kebiri kimia. California menjadi negara bagian Amerika Serikat (AS) pertama yang menjalani hukum pidana ini. Negara AS lainnya yang memiliki hukum kebiri kimia dalam undang-undangnya yaitu Florida, Louisiana, dan Wisconsin.

Selain kelima negara tersebut, kebiri kimia juga dijalankan beberapa negara lainnya, seperti Polandia, Korea Selatan, Rusia, hingga beberapa negara bagian Australia lainnya.



Simak Video "Blak-blakan IDI: Kebiri, Hukuman Atau Rehabilitasi?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)