Kamis, 29 Agu 2019 08:05 WIB

5 Senam Ringan usai Bangun Tidur untuk Hempaskan 'Double Chin'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mengusir double chin ternyata nggak susah-susah amat. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth Mengusir double chin ternyata nggak susah-susah amat. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth
Jakarta - Double chin merupakan dagu yang menjadi berlipat akibat lapisan lemak yang berada tepat di bawah dagu kadang mengganggu rasa percaya diri. Penyebabnya bisa dari banyak hal, tak hanya kegemukan.

Situs Medical News Today menyebut genetik juga bisa menjadi salah satu faktor munculnya double chin. Kemudian usia, di mana kita mulai kehilangan kekuatan otot sehingga dagu melemah dan kulit di sekitarnya menjadi longgar.


Untuk mengatasinya, ada gerakan senam ringan yang bisa kamu lakukan usai bangun tidur. Sebelum melakukannya, lakukan pemanasan di leher dan rahang agar mencegah cedera.

Misalnya dengan dengan gerakan memutar pada leher dan rahang. Berikut adalah enam gerakan senam simpel berantas double chin:


Gerakan 1. Gerakan 1. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth

1. 'Pucker up'
Gerakan yang ini membantu menguatkan leher. Bisa dilakukan dengan posisi duduk maupun berdiri. Kerucutkan bibirmu seakan ingin mengecup langit-langit dan regangkan sejauh mungkin dari wajah. Otot leher setidaknya cukup rileks dan fleksibel, kurangi jika terasa sakit. Tahan selama lima hingga 20 detik dan ulangi sebanyak 10-15 kali.

Seakan kamu sedang cemberut, namun menguatkan otot.Seakan kamu sedang cemberut, namun menguatkan otot. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth

2. 'Pout'
Salah satu gerakan yang efektif untuk menguatkan rahang dan otot leher. Caranya dengan mengeluarkan bibir bagian bawah sejauh mungkin yang kamu bisa, seperti membuat wajah sedih. Tahan posisi ini selama tiga detik, lalu mulailah dengan menundukkan wajah ke arah dada dan tetap menjaga bibir bawah keluar. Tahan kembali selama tiga detik dan lakukan 10-20 kali.

Jangan lupa tegapkan punggung.Jangan lupa tegapkan punggung. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth


3. 'Whistle at the ceiling'
Mungkin gerakan ini agak aneh, namun meregangkan kepala ke arah atas (atau langit-langit) dapat menguatkan ototmu. Tarik kepala ke atas, lalu agak ke belakang. Pandangi langit-langit sembari duduk lalu arahkan bibir membentuk posisi seakan ingin bersiul, lalu tahan 10-20 detik dan lakukan sebanyak 10 kali. Rasakan kontraksi otot-otot di masing-masing sisi leher.

Jangan sampai bolanya jatuh ya!Jangan sampai bolanya jatuh ya! Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth


4. 'Use a ball'
Untuk yang ini, kamu membutuhkan bola dengan diameter 5-10 cm. Kamu juga bisa menyimpan satu di kantor untuk melakukan senam ini kembali saat istirahat kantor. Duduk dengan tegap dan bahu santai lalu taruh bola di bawah dagu. Tekan bola ke bawah menggunakan dagu menggunakan gerakan berulang. lakukan sebanyak 10-30 kali.

Mengunyah permen karet juga bisa dibilang 'olahraga' wajah, lho.Mengunyah permen karet juga bisa dibilang 'olahraga' wajah, lho. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth

5. 'Chew gum'
Mengunyah permen karet sebenarnya juga bisa menjadi olahraga kecil pagi otot wajah. Sekaligus juga bisa menyingkirkan beberapa gram lemak yang menimbulkan double chin membandel. Sebuah studi tahun 2011 mengatakan bahwa orang yang mengunyah permen karet merasa lebih puas setelah makan dan jarang ngemil sesudahnya. Dengan menahan keinginan untuk ngemil kamu juga mengurangi kemungkinan tambahan kalori dari makanan yang kamu asup, sehingga lemak tersebut bisa berkurang.



Simak Video "Tren Senam Anti-mainstream di Punggung Kuda"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)