Jumat, 30 Agu 2019 15:20 WIB

Golongan Darah, Kenali Jenis hingga Karakteristiknya

Puti Yasmin - detikHealth
Golongan Darah, Kenali Jenis hingga Karakteristiknya  /Foto: ilustrasi/thinkstock Golongan Darah, Kenali Jenis hingga Karakteristiknya /Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Setiap orang tentu memiliki jenis golongan darah yang berbeda-beda. Perbedaan itu ditentukan berdasarkan ada atau tidak zat antigen pada sel darah merah.

Antigen dalam golongan darah sendiri berfungsi sebagai tanda pengenal sel dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh dapat membedakan sel dari dalam tubuh dan dari luar tubuh.



Nah, bagaimana cara mengetahui golongan darah dan karakteristiknya? Yuk simak.

1. Golongan Darah A

Berdasarkan sistem ABO, golongan darah dibagi menjadi 4 tipe, yakni A, B, AB, dan O. Golongan darah A artinya memiliki antigen A dan memproduksi untuk melawan sel darah merah dengan antigen.

Kemudian, meski belum terbukti secara ilmiah, setiap jenis golongan darah memegang karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya golongan darah A memiliki sifat sabar, tepat waktu, dan sedikit perfeksionis.

Golongan darah A juga biasanya memiliki sifat introvert, sedikit konservatif, dan agak tertutup. Selain itu, golongan darah A juga diketahui keras kepala, kaku, dan mudah terobsesi kepada sesuatu.

2. Golongan Darah B

Golongan darah B, artinya memiliki antigen B dan antibodi A untuk melawan sel darah merah dengan antigen A.

Secara karakteristik, golongan darah B disebut memiliki sifat penyayang binatang, fleksibel, penuh passion, dan optimis. Namun, golongan darah B juga dikenal mudah lupa, tidak bertanggung jawab, dan ingin menang sendiri.

3. Golongan Darah AB

Golongan darah AB, artinya memiliki antigen A dan B tetapi tidak memiliki antibodi A dan B. Orang dengan golongan darah AB juga disebut mempunyai rasa rempati yang kuat dan sabar meski agak tertutup.



Selain itu, mereka juga sering disebut humanis karena lebih menggunakan logika daripada perasaan. Akibatnya, mereka mudah disebut kritis, tidak memafkan, dan cenderung plin-plan.

4. Golongan Darah O

Terakhir, golongan darah O artinya memiliki antigen A atau B dan memproduksi A dan B. Karakteristiknya juga dianggap tidak neko-neko. Namun, mereka dikenal ambisius, penuh percaya diri, dan terampil di bidang atletik.

Mereka juga dikatakan arogan, tidak sensitif, dan sedikit kasar. Meski begitu, golongan darah O mudah mengekspresikan pendapatnya karena lebih terbuka.

Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)