Sabtu, 31 Agu 2019 22:13 WIB

Banyak Pria Mulai Botak di Usia 20-30 Tahun, Mungkin Ini Sebabnya

Michelle Natasya - detikHealth
Pria lebih rentan mengalami kebotakan (Foto: iStock) Pria lebih rentan mengalami kebotakan (Foto: iStock)
Jakarta - Kebotakan merupakan hal yang umum terjadi pada rambut. Baik pria maupun wanita bisa mengalami kebotakan. Tapi ternyata pria lebih berisiko mengalami kebotakan daripada wanita, loh. Lantas, apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Dr. Marie Valentine SpBP, dokter spesialis bedah plastik di RSKB Bina Estetika, mengatakan bahwa kebotakan terjadi pada 80 persen pria dan 50 persen wanita. Pada pria kebotakan rambut umumnya terjadi di atas usia 50 tahun. Namun saat ini, kebotakan pria di usia 20 sampai 30 tahun pun sudah banyak ditemui.

Beberapa faktor mempengaruhi mengapa pria lebih berisiko mengalami kebotakan. Dokter Valentine menjelaskan faktor genetiklah yang paling utama mempengaruhi faktor hormonal sehingga pria lebih mudah botak.

"Faktor utama itu genetik ya, jadi kalau orang tua botak biasa anaknya lebih mudah mengalami kebotakan. Pola hidup dan pola makan, serta stress yang tinggi diduga menjadi faktor pemicu kebotakan lebih dini. Aktivitas yang kurang juga makin cepat mengalami kebotakan," terang dokter Valentine saat ditemui detikHealth, Sabtu (31/8/2019).



Kebotakan pada pria terjadi akibat ketidakseimbangan hormon dehidrotestosteron (DHT) atau reseptor DHT yang berlebih di folikel rambut. Ini selanjutnya menjadikan folikel rambut mengecil dan membuat rambut rontok di bagian depan atau dikenal sebagai hairline dan semakin meluas ke bagian tengah belakang.

"Pada pria ini biasa disebut male pattern baldness jadi kebotakan dengan pola tertentu. Gejala awal biasanya folikel rambut menipis sehingga rambut juga tumbuh menipis biasa pada bagian depan kepala. Kemudian rambut jadi makin jarang karena folikel makin tipis. Kalau sudah parah biasa rambut botak dari bagian depan kepala sampai belakang," kata dokter Valentine.

Kebotakan juga bisa dialami wanita. Namun, umumnya kebotakan pada wanita dialami ketika memasuki usia menopause di mana perubahan hormon biasanya terjadi.



Simak Video "Kisah Bocah India yang Tubuh dan Wajahnya Penuh Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)