Minggu, 01 Sep 2019 07:00 WIB

Usia Sudah 84, Mangku Sitepoe si Dokter '10 Ribu' Masih Rajin Olahraga

Michelle Natasya - detikHealth
Umur sudah 84 tahun, tapi semangat Mangku Sitepoe cukup mengagumkan. (Foto: Rengga Sancaya/detikHealth) Umur sudah 84 tahun, tapi semangat Mangku Sitepoe cukup mengagumkan. (Foto: Rengga Sancaya/detikHealth)
Topik Hangat Dokter Rp 10 Ribu
Jakarta - Apalah arti usia. Kalimat ini sangat cocok menggambarkan sosok dr. Drh. Mangku Sitepoe, seorang dokter berusia 84 tahun yang masih semangat dan aktif berbakti memberikan pelayanan kesehatan. Sosoknya viral sebagai dokternya kalangan kurang mampu, dengan bayaran hanya Rp 10 ribu.

Olahraga menjadi kegiatan rutin yang dilakukan dokter Mangku untuk terus produktif dan bugar meski usianya sudah tergolong tua. Ia mengaku olahraga merupakan salah satu hobinya.

"Saya dari kecil memang hobi olahraga. Kalau dulu saya suka lari dan jalan pagi. Tapi kalau sekarang saya rutin berenang," kata dokter Mangku saat ditemui detikHealth, Jumat (30/8/2019).



Berenang menjadi olahraga pilihan dokter saat ini sebab menurutnya dengan berenang seluruh tubuh bergerak. Terlebih dengan kakinya yang sudah tidak kuat berjalan jauh dan lama, olahraga berenang menjadi pilihan olahraga yang lebih mudah untuk dijalankan di usia tua.

"Sekarang saya berenang 3 kali seminggu. Setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Tadi pagi juga saya masih berenang. Berenang itu semua badan bergerak dari napas, mata, hidung, tangan, dan kaki jadi lebih aktif," pungkasnya.

Selain membiasakan diri dengan berolahraga teratur, dokter Mangku juga menjaga pikiran positif dan mengatur asupan makanan dengan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga tubuh tetap sehat di usianya yang tergolong tua



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Dokter Rp 10 Ribu