Selasa, 03 Sep 2019 14:04 WIB

Efek Pembiasan, Bocah dengan Mata Berubah 3 Warna Termasuk Kondisi Langka

Michelle Natasya - detikHealth
Balita di Bandung ini punya warna mata yang berubah-ubah (Foto: Wisma Putra) Balita di Bandung ini punya warna mata yang berubah-ubah (Foto: Wisma Putra)
Jakarta - Cerita unik datang dari Amelia Anggraeni, bocah berusia 2,5 tahun asal Bandung yang memiliki 3 warna mata yang dapat berubah-ubah. Mata Balita ini bisa berubah menjadi abu-abu, biru, dan hitam.

"Biasanya pas siang warnanya abu-abu, kadang bisa berubah warna menjadi biru banget. Namun pas malam hari menjadi warna hitam biasa," kata Reni, ibunda Amelia kepada detikcom di kediamannya, Selasa (3/9/2019).

Menurut dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC), ada dua hal yang umumnya mempengaruhi warna mata seseorang. Pertama genetik dan kedua adalah pigmen pada mata.

"Yang menentukan warna mata itu biasanya genetik kita. Gen kita itu menentukan warna mata kita biru, coklat, atau sebagainya. Hal lain yang juga menentukan itu pigmen yang ada di mata kita," jelas dokter Zeiras pada detikHealth, Selasa (3/9/2019).



"Kalau di Indonesia kan warna iris kita coklat dan pigmen iris kita juga tebal. Kalau orang barat kan biasa iris matanya biru atau hijau dan pigmen dia juga lebih tipis," lanjutnya.

Terkait kondisi Amelia, dokter berpendapat bahwa ada kemungkinan iris mata balita tersebut tipis sehingga pembiasan cahaya membuat kesan matanya bisa berubah warna. Namun, menurutnya pemeriksaan harus dilakukan untuk mengetahui pasti penyebabnya.

"Ini termasuk kondisi langka. Bisa jadi karena iris mata dia tipis sehingga pembiasan warna ketika matahari mantul ke matanya itu membuat kesan warna matanya berubah-ubah. Mungkin sebenarnya sama aja warnanya cuma karena pantulan cahaya jadi matanya seperti berubah-ubah warna," pungkasnya.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)