Rabu, 04 Sep 2019 18:36 WIB

Perlu Tahu! 4 Tipe Tongue Tie yang Bikin Bayi Susah Menyusu

Michelle Natasya - detikHealth
Ilustrasi bayi terkena tongue tie. Foto: thinkstock
Jakarta - Lidah terikat (ankyloglossia) atau biasa disebut Tongue Tie merupakan suatu kondisi pada bayi di mana rentang gerak lidah terbatas akibat frenulum lidah yang terlalu pendek, kencang, dan kaku. Frenulum merupakan jaringan tipis di bawah lidah bagian tengah yang terhubung pada dasar mulut. Biasanya hal ini akan membuat bayi kesulitan dalam proses menyusu sehingga asupan ASI kurang dan proses pertumbuhannya terganggu.

Kondisi tongue tie bikin penasaran sejak viral surat keputusan internal Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait pencabutan rekomendasi dan panduan praktik klinis diagnosis dan tata laksana tongue tie. Tongue tie sendiri memiliki 4 tipe yang berbeda. Lalu, apa saja tipe-tipenya?

Dikutip dari Healthline, beberapa dokter menggunakan sistem klasifikasi pada tongue tie. Tongue tie anterior dapat disebut sebagai tipe I dan tipe II. Sedangkan, tongue tie posterior dapat disebut sebagai tipe III dan tipe IV.


Tongue tie anterior mudah ditemukan dan dilihat karena dekat dengan garis gusi bayi ketika mereka mengangkat lidah. Sedangkan tongue tie posterior biasanya tidak terlihat karena terletak di dalam bawah lidah. Tongue tie posterior dapat menyebabkan masalah yang sama seperti tongue tie anterior meskipun tidak mudah terlihat.

Banyak orang yang melakukan frenektomi atau pembedahan frenulum yang bermasalah untuk mengatasi tongue tie. Terkait hal ini, dr. Catharine M. Sambo, Sp.A(K), Sekretaris Bidang Hubungan Masyarakat, Pengurus Pusat IDAI, memberikan komentar. Menurutnya, tidak semua tipe tongue tie memerlukan proses bedah.

"Harus tetap dilihat kemudian harus diperiksa fungsinya, jadi tidak semata-mata tipe ini atau tipe itu terus bisa langsung dioperasi. Baiknya dikonsultasikan dulu," pesannya.





Simak Video "Harumnya Juara! Bedak Aroma Telon untuk Si Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)