Rabu, 04 Sep 2019 22:00 WIB

Sering Insomnia? Coba Trik Simpel Cepat Tidur Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Begini cara mudah untuk segera terlelap. Foto: Ilustrasi/thinkstock Begini cara mudah untuk segera terlelap. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Belakangan ini sulit jatuh tertidur? Ada banyak hal yang membuat orang sulit tidur, beberapa di antaranya adalah stres. Sulit tidur juga sering disebut dengan insomnia.

Mungkin segala cara telah dicoba namun tidak ada yang bisa dilakukan, tapi ada satu trik simpel yang dibagikan oleh Andrew Weil, seorang dokter lulusan Harvard University yang bisa membantumu lekas tidur nyenyak.

Dikutip dari Reader's Digest, trik ini dinamai dengan metode 4-7-8. Dan sesimpel namanya, latihan ini adalah latihan pernapasan yang diadopsi dari praktek meditasi penggiat yoga di India berabad-abad lalu.

Bagaimana triknya? Pertama-tama, pastikan kamarmu sudah dalam suasana yang nyaman, lalu rebahkan tubuh di atas tempat tidur. Temukan posisi paling nyaman untuk kamu tidur.


Kemudian, tarik napas melalui hidung selama empat detik, tahan selama tujuh detik, lalu keluarkan perlahan-lahan melalui mulut selama delapan menit. Ulangi terus hingga kamu merasa ngantuk atau tertidur.

"Ini metode terbaik yang pernah saya temukan untuk mengatasi jika kamu ingin tertidur sejenak untuk terjaga di tengah malam nanti," tutur Dr Weil, pada sebuah seminar.

Para penggiat yoga menggunakan metode ini untuk meraih tahap relaksasi sempurna, melawan stres dan kecemasan. Dengan sengaja memperlambat napas memaksa ritme jantung untuk melambat pula, dan menjadikan keseluruhan tubuh rileks. Dengan kata lain, metode ini seperti obat tidur alami, bagi tubuh dan pikiran.

"Teorinya adalah dengan memaksakan ritme tertentu pada napas dengan sistem sukarela, perlahan akan masuk ke dalam sistem saraf tak sengaja pula. Dan seiring itu waktu juga. Jadi melakukannya secara rutin selama beberapa minggu, bulan hingga tahun dan menjadikan perubahan yang kamu inginkan," tandasnya.



Simak Video "Catat! Tidur Setelah Sahur Itu Bahaya Lho"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)