Kamis, 05 Sep 2019 09:21 WIB

Diet Vegetarian Turunkan Risiko Sakit Jantung, Tapi Risiko Stroke Meningkat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Studi menemukan diet nabati bisa tingkatkan risiko stroke. Foto: Istock Studi menemukan diet nabati bisa tingkatkan risiko stroke. Foto: Istock
Jakarta - Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pola makan nabati, atau vegan dan vegetarian, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Namun studi menemukan diet nabati bisa tingkatkan risiko stroke.

Penelitian yang diterbitkan di BMJTrusted Source Inggris, mengamati pemakan daging, pemakan ikan, dan vegetarian selama 18 tahun. "Pola makan vegetarian dan vegan telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena manfaat kesehatan yang dirasakan, tetapi juga kekhawatiran tentang lingkungan dan kesejahteraan hewan," kata peneliti, Tammy Tong, dikutip dari Healthline.

Menurut temuan, pemakan ikan dan vegetarian memiliki tingkat penyakit jantung 13 persen dan 22 persen lebih rendah, masing-masing, dibandingkan dengan pemakan daging. Tetapi para peneliti juga menemukan sesuatu yang sangat mengejutkan.

Vegetarian bisa mengalami risiko stroke hemoragik sekitar 20 persen lebih tinggi daripada pemakan daging. Stroke hemoragik adalah jenis stroke yang disebabkan karena pecahnya pembuluh darah yang melemah yang menyebabkan tumpahan darah ke otak.



Penyebab paling umum termasuk tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, pecahnya aneurisma otak, atau pecahnya pembuluh darah yang tidak normal di otak.

Tong menyebut peningkatan risiko stroke yang terkait dengan diet vegetarian adalah karena rendahnya kadar kolesterol total dalam darah atau rendahnya asupan nutrisi penting tertentu. Jika tubuh memiliki kekurangan nutrisi, itu dapat menyebabkan peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan.

"Kekurangan nutrisi, terutama kekurangan vitamin seperti vitamin B-12, dan vitamin B lainnya seperti asam folat (B-9) dan B-6, dapat meningkatkan risiko stroke," katanya.

"Kekurangan vitamin D juga bisa meningkatkan risiko stroke. Sangat penting bagi para vegetarian untuk berdiskusi dengan dokter mereka, agar diberikan suplemen vitamin sesuai kebutuhan,"pungkasnya.



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)