Jumat, 06 Sep 2019 12:36 WIB

Pakai Sabun Kewanitaan, Boleh Nggak Sih?

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Kebersihan organ intim harus selalu terjaga (Foto: thinkstock) Kebersihan organ intim harus selalu terjaga (Foto: thinkstock)
Jakarta - Beberapa perempuan mungkin lebih memperhatikan penampilan luar dengan menggunakan make up atau skin care. Tapi banyak yang lupa memperhatikan area kewanitaan yang kebersihannya mutlak harus dijaga.

Masalahnya, menjaga kebersihan area paling sensitif itu tidak selalu mudah. Beberapa pakar menyebut, terlalu obsesif membersihkannya akan merusak keseimbangan mikroba yang justru berdampak pada keputihan.

Tapi sebaliknya, tidak pernah dibersihkan juga tidak sehat. Oleh karena itu, dokter kandungan dr Dinda Derdameisya, SpOG memberikan tips agar organ intim selalu bersih tetapi tetap sehat.



"Harus cerdas terhadap sabun kewanitaan yang digunakan, jangan yang kebanyakan antiseptiknya karena bakal bunuh kuman baik," pesannya.

Pentingnya menjaga kebersihan organ intim juga ditekankan oleh dr Hekal Anshari, seorang pakar kesehatan seks. Organ yang terjaga kebersihannya, menurutnya bakal menjamin kehidupan seksual yang sehat.

"Bangkit gairah seksualnya, dan dapat kepuasan seksual," jelasnya.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)