Sabtu, 07 Sep 2019 13:19 WIB

Lagi Ramai Film 'It: Chapter 2', Kenapa Orang Bisa Fobia Badut?

Michelle Natasya - detikHealth
Badut yang seharusnya lucu kadang tampak menyeramkan (Foto: Pradita Utama) Badut yang seharusnya lucu kadang tampak menyeramkan (Foto: Pradita Utama)
Topik Hangat Fobia Film Badut
Jakarta - Chapter 2 sedang tayang di bioskop Indonesia saat ini. Diadaptasi dari novel Stephen King tahun 1986, film horror ini merupakan lanjutan dari film It tahun 2017 yang kembali mengisahkan teror pembunuhan yang dilakukan oleh sosok badut bernama Pennywise.

Badut yang seharusnya identik dengan keceriaan dan kelucuan, bagi sebagian orang bisa sangat menakutkan dan memunculkan phobia tersendiri. Phobia ini dikenal dengan sebutan Coulrophobia. Bahkan artis Hollywood seperti Daniel Radcliffe dan Johnny Depp saja memiliki phobia badut.

Dikutip dari Business Insider, ada dua hal yang menjadi penyebab seseorang bisa merasakan takut terhadap sosok badut. Dr. Dena Rabinowitz, psikolog klinis yang berspesialisasi dalam gangguan kecemasan mengatakan bahwa penyebab pertama karena banyak orang yang menganggap riasan badut bisa jadi menutupi kondisi emosional yang sebenarnya. Ketidakmampuan kita untuk berinteraksi dan melihat emosi orang dibalik topeng badut membuat kita merasa terancam dan takut.

"Yang kedua adalah orang tidak secara inheren percaya pada orang yang selalu bahagia dan tertawa. Bagi banyak orang, ketakutan badut sebenarnya adalah bagian dari ketakutan yang lebih umum terhadap makhluk bertopeng," jelasnya.


Badut yang seperti ini juga tidak kalah menyeramkan.Badut yang seperti ini juga tidak kalah menyeramkan. Foto: Pradita Utama

Orang yang memiliki phobia pada badut dapat terserang panik jika melihat badut. Ia akan merasa cemas, mual, takut, detak jantung dan napas lebih cepat, berkeringat, atau menangis jika terekspos oleh badut.

Jika sudah mengganggu kehidupan sehari-hari maka phobia harus diatasi. Menurut Dena, untuk mengatasi phobia badut kita dapat menempatkan diri berdekatan dengan objek yang ditakuti sampai merasa nyaman.

"Jadi salah satu hal yang saya rekomendasikan adalah menonton seseorang mengenakan riasan badut. Dengan begitu kita dapat melihat proses mereka menjadi badut dan bahwa mereka hanya manusia biasa," kata Dena pada Business Insider.



Simak Video "Buka Lowongan! Penguji Ganja Profesional Dibayar Rp 500 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Fobia Film Badut