Sabtu, 07 Sep 2019 15:35 WIB

Gelisah dan Keringat Dingin Saat Lihat Badut? Mungkin Gejala Coulrophobia

Michelle Natasya - detikHealth
Badut tak selalu bisa menghibur anak kecil, seringkali malah bikin ketakutan (Foto: Pradita Utama) Badut tak selalu bisa menghibur anak kecil, seringkali malah bikin ketakutan (Foto: Pradita Utama)
Topik Hangat Fobia Film Badut
Jakarta - Coulrophobia merupakan rasa takut yang terus-menerus terhadap badut. Seseorang dengan Coulrophobia bisa merasa terguncang atau trauma ketika melihat sosok badut.

Dikutip dari The Sun, phobia terhadap badut semakin banyak karena penggambaran sosok badut yang jahat di media atau film. Seperti contoh Film It: Chapter 2 yang sedang tayang di bioskop Indonesia saat ini. Film ini mengisahkan teror pembunuhan yang dilakukan oleh sosok badut menyeramkan bernama Pennywise.

Terdapat beberapa gejala yang khas ketika seseorang dengan Coulrophia dihadapkan dengan phobianya. Berikut beberapa di antaranya:



1. Pusing, gemetar, dan detak jantung meningkat
2. Sesak napas
3. Mual
4. Rasa tidak nyata
5. Takut akan kematian
6. Gelisah atau cemas
7. Berkeringat lebih atau dingin

Menurut dr Melanie Phelps, seorang psikolog, terdapat beberapa faktor seseorang bisa mengalami Coulrophobia. Salah satunya karena sejak kecil kita mengenal tampilan orang-orang sekitar dan melihat mereka dengan wajah manusia yang aman dan ramah.

"Badut memiliki fitur yang tidak alami, besar, berlebihan dan terdistorsi. Karenanya tidak cocok dengan pola 'aman, ramah manusia' yang telah kita buat dalam pikiran kita," katanya.

Riasan wajah badut dengan latar putih, bibir merah yang lebar, dan senyum atau ekspresi berlebihan dianggap menutupi kondisi emosional yang sebenarnya. Banyak orang yang akhirnya merasa terancam, takut, dan panik karena tidak bisa melihat emosi orang di balik topeng badut tersebut.



Simak Video "Tak Mau Sekolah, Sadari Anak School Phobia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Fobia Film Badut