Minggu, 08 Sep 2019 18:29 WIB

Warna pada Memar Bisa Prediksi Waktu Sembuhnya Lho

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi warna memar. Foto: Thinkstock Ilustrasi warna memar. Foto: Thinkstock
Jakarta - Nia Daniaty, artis sekaligus penyanyi senior Indonesia, kemarin menjadi korban kecelakaan di Bojonegoro, Jawa Timur. Akibatnya bagian rahang pipi Nia terbentur besi mobil dan membuatnya memar.

Dalam memperkirakan waktu hilangnya memar pada kulit, bisa ditentukan melalui warnanya. Dirangkum dari Medical News Today, tubuh dapat menyembuhkan memar dengan sendirinya. Saat tubuh memecah hemoglobin, senyawa yang memberi darah merah, memar akan berubah warna.

Namun, warna kulit juga bisa mempengaruhi warna memar. Warna kulit sedang, biasanya lebih dominan warna merah dan kuning pada memar, sementara warna kulit lebih gelap memarnya akan gelap juga.

Berikut ini merupakan proses penyembuhan memar yang ditandai dengan warnanya.



1. Memar memerah

Warna pada memar lebih sering memerah. Hal ini terjadi karena darah segar yang kaya dengan oksigen baru saja terkumpul di bawah kulit.

2. Memar tampak biru

Setelah sekitar 1-2 hari, darah mulai kehilangan oksigen dan berubah warna. Memar yang baru berumur beberapa hari itu akan sering tampak biru, ungu, atau bahkan hitam.

3. Warna memar kuning-hijau

Dalam waktu 5-10 hari, warna memar akan berubah menjadi kuning atau hijau. Warna-warna ini berasal dari senyawa yang disebut biliverdin dan bilirubin yang diproduksi tubuh ketika memecah hemoglobin.

4. Memar berwarna coklat muda

Setelah memar mencapai 10- 14 hari, warna pada memar akan kembali berubah. Kali ini warnanya menjadi coklat muda atau coklat kekuningan.

5. Memar menghilang

Setelah memar berubah warna, akhirnya akan hilang. Warna pada luka memar yang berwarna coklat muda itu mulai memudar. Kebanyakan, memar akan hilang setelah mencapai 2 minggu dari memar itu berawal.



Simak Video "Penjelasan soal Viral Posisi Duduk Jokowi yang Fleksibel"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)