Senin, 09 Sep 2019 10:55 WIB

Olahraga Badminton Ternyata Juga Bagus untuk Kecerdasan Otak

Firdaus Anwar - detikHealth
Studi sebut badminton bermanfaat untuk kebugaran fisik dan kecerdasan otak. (Foto: istock) Studi sebut badminton bermanfaat untuk kebugaran fisik dan kecerdasan otak. (Foto: istock)
Jakarta - Secara umum olahraga baik bagi kesehatan fisik dan juga mental. Terkait hal tersebut khususnya olahraga badminton dilaporkan oleh studi terbaru ternyata juga bisa bermanfaat melatih kecerdasan otak.

Tim peneliti Jepang yang dipimpin oleh Shinji Takahashi dari Tohoku Gakuin University mengatakan badminton menuntut kemampuan pengambilan keputusan dan koordinasi pemain. Otak harus berpikir cepat memprediksi arah kok dan postur tubuh yang sesuai untuk memukulnya.


Laporan dalam jurnal PLOS One melihat data tes kognitif dari sekitar 20 responden orang dewasa mengalami peningkatan setelah mereka bermain badminton selama 10 menit. Tes melibatkan para responden untuk mencocokkan kata-kata dengan gambar.

Sebagai kontrol para responden juga diminta untuk lari di treadmill.

"Tuntutan kognitif dalam olahraga badminton dapat mengaktifkan daerah otak yang berkaitan dengan fungsi eksekutif," tulis peneliti seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (9/9/2019).

"Kami menyimpulkan bahwa efek besar badminton terhadap fungsi eksekutif otak adalah karena olahraga ini menuntut kemampuan kognitif untuk memainkannya," lanjut peneliti.

Terakhir peneliti menyebut masih perlu studi lebih jauh untuk memastikan bahwa efek sama juga terjadi pada orang-orang yang latihan badminton jangka panjang.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)