Senin, 09 Sep 2019 16:31 WIB

Kata Psikolog Soal Viral Emak-emak Ngamuk karena Dipanggil Nenek di KRL

Michelle Natasya - detikHealth
Niatnya sih baik menawarkan tempat duduk, tapi kok panggil nenek? (Foto: viral) Niatnya sih baik menawarkan tempat duduk, tapi kok panggil nenek? (Foto: viral)
Topik Hangat Ngamuk Dipanggil Nenek
Jakarta - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang ibu marah-marah di KRL akibat tersinggung dipanggil dengan sebutan nenek oleh penumpang di sebelahnya. Di Twitter, video tersebut sudah di retweet sebanyak 1.645 kali.

Dalam video tersebut, si penumpang perempuan menawarkan si ibu untuk duduk berdekatan dengan seorang anak kecil yang ia kira cucunya. Masalahnya, perempuan itu menyebut si ibu dengan panggilan nenek. Merasa tersinggung, si ibu langsung marah dan menendang kaki perempuan yang duduk tepat di sampingnya itu.

Melihat video tersebut, Linda Setiawati, M.Psi, seorang psikolog dari Personal Growth mengatakan bahwa stereotipe yang dilekatkan pada orang tua seperti tidak menarik lagi, kesehatan dan kemampuan menurun, dan tidak berdaya, bisa menjadi penyebab seseorang merasa sensitif jika dianggap tua.

"Orang-orang yang mengalami penuaan pun melewati banyak perubahan dan masa-masa yang tidak mudah. Mereka memerlukan waktu untuk adaptasi dan menerima kondisi mereka," kata Linda pada detikHealth, Senin (9/9/2019).



Menurut Linda, dukungan orang-orang terdekat diperlukan untuk membantu mereka melewati proses tersebut. Beberapa orang memang bisa menjadi lebih sensitif terkait sebutan atau hal tertentu yang disampaikan terkait dirinya. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang dan pengalaman masa lalu yang berbeda dari setiap individu.

Merasa sensitif soal usia wajar saja. Namun, Linda berpesan ada baiknya saat menyampaikan ketidaksukaan atau ketidaksetujuan, bisa belajar untuk mengomunikasikannya dengan cara yang lebih asertif. Menyampaikan perasaan yang dirasakan dan hal yang tidak disukai menggunakan bahasa yang sopan dan dalam kondisi yang tenang serta tidak menggunakan emosi.

"Seperti contoh, jika tidak suka Anda bisa berkata 'mohon maaf, tetapi saya kurang suka dengan cara Anda memanggil saya. Lebih baik Anda memanggil saya... terima kasih'," kata Linda.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Ngamuk Dipanggil Nenek