Senin, 09 Sep 2019 19:07 WIB

Menteri Kesehatan India Serius Kembangkan Urine Sapi untuk Obat Kanker

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Berbagai terapi kanker terus dikembangkan (Foto: thinkstock) Berbagai terapi kanker terus dikembangkan (Foto: thinkstock)
Jakarta - Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India, Ashwini Kumar Choubey mengatakan Kementerian Ayurveda, Yoga & Naturopati, Unani, Siddha, dan Homeopati (AYUSH), akan serius mengerjakan persiapan obat-obatan serta pengobatan kanker menggunakan urine sapi. Kementerian AYUSH ini memang bergelut di bidang pengobatan alternatif.

"Urine sapi dipersiapkan untuk menjadi beberapa jenis obat, terutama untuk pengobatan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, seperti kanker. Urine yang digunakan berasal dari beberapa jenis sapi lokal dan Kementerian AYUSH sangat serius menggarapnya. Saat ini pemerintah sedang mengerjakan perlindungan dan konservasi sapi," jelas Choubey.



Dikutip dari India Time, Choubey mengatakan diabetes dan kanker merupakan penyakit menular yang menjadi tantangan di seluruh dunia, dan pemerintah India memberikan kesempatan untuk membuat solusi dari permasalahan ini.

"Kami tidak dapat mengklaim untuk menghilangkan penyakit itu sepenuhnya. Tetapi, kami dapat mengendalikan penyakit tersebut. Untuk itu, Pemerintah India juga telah menetapkan batas waktu hingga 2030 untuk membuktikan dan melanjutkan penelitian ini," ujarnya.

Choubey juga mengatakan, bahwa Kementerian Kesehatan sedang mempelajari lebih lanjut proposal terkait penelitian ini untuk dimasukkan sebagai salah satu pengobatan kanker, di bawah Perdana Menteri Ayushman Bharat Jana Arogya Yojana (JAY).



Simak Video "Bunda, ASI Eksklusif Bisa Lindungi Anak dari Kanker Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)