Kamis, 12 Sep 2019 10:00 WIB

Kecelakaan Akupuntur, Paru-paru Wanita Ini Kolaps Tertusuk Jarum

Firdaus Anwar - detikHealth
Akupuntur membuat paru-paru seorang pasien kolaps. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Akupuntur membuat paru-paru seorang pasien kolaps. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Niatnya akupuntur biar sehat, seorang pasien wanita di Selandia Baru malah harus dilarikan ke rumah sakit karena paru-paru kolaps. Menurut laporan Komisioner Disabilitas dan Kesehatan Selandia Baru penyebabnya karena paru-paru sang pasien tidak sengaja tertusuk jarum.

Pasien berusia 33 tahun tersebut awalnya datang menemui terapis pada bulan Maret lalu untuk menghilangkan rasa nyeri pada bagian tangan. Terapis lalu mencoba menusukkan dua jarum di pundak yang dikenal dalam dunia medis China sebagai titik jian jing atau gallbladder 21.

Dikutip dari keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) titik jian jing tersebut berisiko untuk ditusuk jarum karena posisinya yang dekat dengan paru-paru. Jarak antara kulit dengan paru-paru hanya sekitar 10-20 milimeter.


Saat ditusuk oleh jarum pasien mengaku merasa nyeri yang dalam. Jarum didiamkan selama 30 menit sebelum dicabut dan ketika itu pasien langsung merasa dada sebelah kirinya sakit serta sulit bernapas.

Di rumah rasa nyeri masih terasa di dada namun kini diikuti oleh sensasi kebas di bagian sebelah kiri. Ia pun langsung dilarikan ke unit gawat darurat (UGD) rumah sakit didiagnosis dengan kondisi bilateral apical pneumothorax (kolaps kedua paru-paru).

"Terapis gagal melakukan perawatan yang tepat, menusuk kedua paru-paru pasiennya, dan gagal mengenali tanda-tanda kemungkinan pneumotoraks," tulis HDC seperti dikutip dari situs resminya pada Kamis (12/9/2019).

HDC mengambil keputusan menyarankan agar terapis kembali menjalani pendidikan akupuntur. Selain itu klinik juga perlu membuat kebijakan formal agar ada prosedur menjelaskan risiko terapi kepada seluruh pasien.



Simak Video "Ikuti Gerakan Ini Untuk Atasi dan Cegah Nyeri Pinggang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)