Jumat, 13 Sep 2019 16:50 WIB

Kenali Efek Sabu, Narkoba yang Bikin PNS Cantik di Sigi Ditangkap Polisi

Widiya Wiyanti - detikHealth
PNS cantik yang diciduk jadi bandar sabu. Foto: Istimewa PNS cantik yang diciduk jadi bandar sabu. Foto: Istimewa
Jakarta - Sunarti Winingsi alias Aning diciduk polisi lantaran menjadi bandar narkoba jenis sabu di Sigi, Sulteng. Ini kedua kalinya Aning yang merupakan PNS cantik di salah satu rumah sakit di Palu ditangkap polisi.

Menyoal sabu, jenis narkoba yang paling ngetren, memiliki efek yang dapat meningkatkan mood penggunanya. Bahkan, menurut praktisi kesehatan jiwa dari Universitas Krida Wacana, dr Andri, SpKJ, FACLP, pengguna sabu bisa merasakan kepercayaan diri yang meningkat hingga kuat dalam bekerja hingga melebihi batas normal.

Maka dari itu, kerap artis menggunakan narkoba jenis ini untuk menopang percaya dirinya guna bermanfaat bagi pekerjaannya.



Namun itu hanya efek sementara dari sabu. dr Andri pernah mengatakan, penyalahgunaan sabu sangat berbahaya bagi tubuh karena sabu langsung memengaruhi sistem saraf pusat di otak.

"Tentu bahaya sekali, jika nantinya terlalu banyak, orang itu bisa mengalami gejala depresi, agitasi (perasaan jengkel, kesal, dan gelisah) dan juga menjadi perilaku kekerasan itu bisa mentriger," ujarnya, seperti yang pernah diberitakan detikcom sebelumnya.

Sabu termasuk salah satu jenis narkoba yang cukup tinggi efek ketergantungannya meskipun efek adiksinya berbeda-beda pada tiap orang. Bahkan dampak ketergantungan sabu bisa mengakibatkan kerusakan organ dan kematian.

Mantan pecandu narkoba, Reza Nangin juga pernah menyebut sabu punya efek khas yang dicirikan pada kondisi fisik penggunanya. Efek ini sedikit berbeda dengan jenis narkoba lain. Jadi jangan heran bila pemakai sabu kerap tidak dikenali dari luar.

"Korban sabu masih bisa ngatur-ngatur penampilan. Penggunaannya juga nggak tiap hari kaya putau. Lagi pengen banget bisa pakai sabu, tapi kalau nggak pengen ya nggak usah make," kata Reza Nangin yang juga seorang artis dan Youtuber.



Simak Video "Flakka, Narkoba yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)