Minggu, 15 Sep 2019 16:02 WIB

Viral Video Kabut Asap di Kalteng, Netizen Mengeluh Pusing dan Sesak

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kabut asap akibat karhutla di Kalimantan. (Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman) Kabut asap akibat karhutla di Kalimantan. (Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Jakarta - Sebuah video yang diunggah di Twitter memperlihatkan daerah Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah sedang diselimuti asap tebal. Hingga saat ini video yang diunggah pada (11/9/2019) tersebut sudah ditayangkan 1,1 juta kali dengan 68.800 retweet.

"Bener2 pengen mati rasanya kalo sudah keluar rumah karena ga bisa napas, ini di rumah satu keluarga pada batuk2 semua. Kalimantan benar2 sedang dalam keadaan darurat," kata akun @clooverian yang mengunggah video tersebut.


Dalam video tersebut, seorang pengendara motor ragu hendak putar balik atau melanjutkan perjalanan karena asap yang sangat tebal. Asap terlihat berwarna kekuningan dan terlihat berhembus kuat.

Menurut @clooverian yang berasal dari Kalimantan Tengah, asap tebal biasanya terjadi tiap tahun diakibatkan kebakaran hutan dan lahan. Akibat asap tersebut dia kerap kali merasa pusing dan sakit kepala tiap kali keluar rumah untuk beraktivitas.



"Tiap kali keluar rumah saat asap tebal rasanya pusing. Asap juga bikin sesak napas dan saat menghembuskan napas rasanya panas di hidung. Selain itu di jalan juga harus hati-hati karena terhalang asap," kata @clooverian pada detikcom.

Menghirup asap setiap hari, @clooverian khawatir berisiko mengalami infeksi saluran pernapasan. Dengan viralnya video tersebut, @clooverian berharap ada tindakan tegas dari pemerintah menghadapi kepungan asap yang terjadi tiap tahun.



Simak Video "Ngobs Kuy! Duka Kabut Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)