Senin, 16 Sep 2019 06:00 WIB

Kumur dengan Sari Cuka Apel di Pagi Hari Bisa Enyahkan Bau Mulut

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Cuka apel bisa dipakai menghilangkan bau mulut. (Foto: Thinkstock) Cuka apel bisa dipakai menghilangkan bau mulut. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sebagian besar orang punya masalah dengan bau mulut, apalagi di pagi hari. Bangun tidur dengan napas bau tentu bukan cara yang menyenangkan untuk memulai hari.

Bau mulut bisa berakibat buruk pada kepercayaan diri dan kehidupan sosial. Ada beberapa penyebab bau mulut, mulai dari gaya hidup seperti merokok namun alasan paling umum adalah kurangnya pengetahuan soal kesehatan gigi dan mulut.

Tak hanya bersikat gigi, ada cara ampuh lain yang bisa dilakukan untuk mengenyahkan bau mulut yakni dengan berkumur menggunakan sari cuka apel. Bukan hal yang mengejutkan lagi, telah banyak studi yang menunjukkan cuka apel kaya akan manfaat kesehatan.


Mengutip Lifehack, cuka apel mengandung banyak campuran mineral, termasuk kalsium, kalium, natrium, magnesium, tembaga, belerang dan mineral lainnya yang semuanya penting untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi secara keseluruhan.

Selain itu, sifat asam pada cuka apel dapat menciptakan lingkungan tidak ramah bagi bakteri sehingga bisa membantu membunuh bakteri pada gigi dan lidah yang bisa menyebabkan bau mulut.

Cuka apel terbukti bisa menghilangkan bau mulut. Caranya dengan menambahkan satu sendok cuka apel ke sepertiga cangkir air dan berkumur selama 20 detik.

Sari cuka apel sangat baik untuk menyeimbangkan tingkat pH sehingga membuatnya efektif untuk mengatasi bau mulut. Selain itu, konsumsi sari cuka apel juga dapat membantu mengobati dan memperbaiki sistem pencernaan.



Simak Video "Banyak Bicara Jadi Penyebab Bau Mulut"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)