Senin, 16 Sep 2019 10:17 WIB

Mengenang Lagi Perjuangan Chrisye Melawan Kanker Paru

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Chrisye sempat berjuang melawan kanker paru (dok. Google) Chrisye sempat berjuang melawan kanker paru (dok. Google)
Jakarta - Salah seorang legenda musik Indonesia, Chrisye, hadir kembali sebagai Google Doodle tepat pada ulang tahunnya yang ke-70 hari ini. Pemilik nama asli Chrismansyah Rahadi ini juga dikenal sebagai pejuang kanker paru.

Chrisye didiagnosis mengidap kanker paru stadium 4 pada Agustus 2005 dan mendapat perawatan di Singapura. Di sana, kabarnya ia ditangani oleh dokter yang merawat Perdana Menteri Singapura BG Lee. Ini diungkap oleh kakak ipar Chrisye, Harry.



Setelah menjalani serangkaian kemoterapi, pada November 2005 kanker yang diidap Chrisye sempat mengecil. Namun fisiknya masih sangat lemah dan belum bisa lepas dari kursi roda. Namun, Chrisye disebut sudah jarang mengeluhkan sakit.

"Secara fisik dan psikis mungkin berat buat Chrisye tapi ia bukan orang yang mudah menyerah," kata Harry.



Semangat pantang menyerah ditunjukkan Chrisye dengan penampilannya yang mengejutkan sebagai bintang tamu di sebuah penampilan band Ungu pada Mei 2006. Padahal, kondisinya masih belum benar-benar pulih dari sakit.

Pelantun 'Lilin-lilin Kecil' ini akhirnya tutup usia pada Jumat (30/3/2007) pukul 04.08 WIB. Namun semangat hidupnya akan tetap menjadi inspirasi bagi siapapun.



Simak Video "Imunoterapi, Terobosan Pengobatan Baru untuk Penderita Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)