Senin, 16 Sep 2019 12:37 WIB

Tren Selfie di Makam BJ Habibie, Sebenarnya Apa Tujuan Berziarah?

Michelle Natasya - detikHealth
Petugas keamanan berjaga di dekat makam BJ Habibie di TMP Kalibata. (Foto: Jefrie Nandy/detikcom) Petugas keamanan berjaga di dekat makam BJ Habibie di TMP Kalibata. (Foto: Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta - Diberitakan sebelumnya warga beramai-ramai mengunjungi makam BJ Habibie hanya untuk berfoto selfie. Melihat kejadian ini, pihak pengurus Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, tempat BJ Habibie dimakamkan mengimbau peziarah agar tak selfie.

PsikologGracia Ivonika dari Personal Growth, berpendapat bahwa kurangnya empati dari peziarah bisa menjadi salah satu faktor pendorong tindakan tersebut. Menurutnya, peziarah kurang mempertimbangkan dampak yang mungkin ditimbulkan.


Ivon mengatakan bahwa sebaiknya perilaku selfie di makam tersebut dihindari. Perlu direnungkan apakah berziarah dengan melakukan selfie merupakan perilaku yang tepat dan sesuai dengan situasi berduka.

"Pada dasarnya, kembali ke nilai-nilai moral. Kembali kepada tujuan utama ziarah," katanya.

Menurut Ivon, tujuan utama ziarah, yaitu sebagai bentuk penghormatan untuk mengenang dan mendoakan almarhum, serta untuk menunjukkan dukungan bagi keluarga yang ditinggalkan. Sehingga, apabila datang ziarah hanya untuk berswafoto, maka tujuan dan makna utama dari berziarah menjadi tidak sesuai. Ivon juga berpesan bagi setiap peziarah untuk selalu berempati dan memahami kondisi keluarga korban yang sedang berduka.

Dalam wawancara terpisah, praktisi psikologi, Nuzulia Rahma Tristinarum mengatakan bahwa berfoto di makam boleh saja, misalkan untuk menjadikan kenangan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ekspresi dan gaya yang ditampilkan.

"Jika datang ke makam hanya untuk foto tanpa mengingat kematian dan mendoakan, apalagi foto dengan ekspresi berlebihan dan hanya untuk pamer, itu menunjukkan kurangnya kemampuan untuk merasa," tandasnya.



Simak Video "Hati-hati! Kebanyakan Selfie Bisa Kena Selfitis"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)