Senin, 16 Sep 2019 17:56 WIB

Hindari Serangan Jantung, Ini Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Michelle Natasya - detikHealth
Penyakit jantung termasuk penyebab kematian tertinggi di Indonesia. (Foto ilustrasi: shutterstock) Penyakit jantung termasuk penyebab kematian tertinggi di Indonesia. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta - Kematian mendadak akibat serangan jantung kerap kali terjadi. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian yang terjadi di Indonesia.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur beberapa cara dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Mulai dari menjauhkan diri dari rokok, menjaga pola makan, melakukan pola hidup sehat, tidur cukup, dan rajin berolahraga.


"Cara menjaga kesehatan jantung kalau usia di atas 30 tahun adalah rutin periksa EKG minimal 1 kali pertahun, hindari merokok dan alkohol berlebihan," ujar dr Muliaman beberapa hari lalu.

Menurut dokter Muliaman, mengatur pola makan juga menjadi salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan jantung. Batasi makanan berlemak tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Ia juga menyarankan untuk memiliki jam tidur yang cukup minimal 6 jam sehari dan menghindari stres.

Menurut spesialis jantung dr Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA dari RS Siloam Karawaci jenis olahraga yang sesuai untuk mencegah serangan jantung antara lain jalan cepat, bersepeda, atau berenang. Olahraga tersebut cukup dilakukan selama 30 menit setiap hari.

Biar jantung anda selalu sehat, yuk bergabung di acara Jakarta Heart Bike 2019 yang akan diselenggarakan pada Minggu, 29 September 2019 dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia. Akan ada berbagai kegiatan seru dan doorprize menarik. Langsung saja daftarkan diri anda di sini.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)