Rabu, 18 Sep 2019 10:52 WIB

Tren Konsultasi Kesehatan Online, Ini Cara Pilih Konsultan yang Aman

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta -

Kemudahan akses informasi menjadikan masyarakat mengandalkan 'mesin pencari' saat sedang sakit. Saat ini juga telah banyak platform atau aplikasi yang memungkinkan masyarakat melakukan konsultasi online.

Namun, perlu diperhatikan, jangan asal berkonsultasi kesehatan secara online. Meskipun diagnosis awal bisa saja dilakukan secara online, Anda juga harus bisa membedakan antara informasi yang benar dan hoax. Sebab, saat ini masih banyak sekali kesalahan informasi khususnya tentang kesehatan.

Pertama, hal yang paling utama untuk diperhatikan adalah memastikan dokter yang melayani konsultasi tersebut memang memiliki kompetensi yang sesuai di bidangnya. Sebaiknya, ketahui terlebih dulu tanda registrasi dan surat ijin praktek. Pengelola aplikasi kesehatan yang terpercaya mestinya memiliki dokter-dokter yang kredibel untuk melayani netizen.

Selain itu, beberapa aplikasi konsultasi kesehatan online biasanya tidak hanya menyediakan tips kesehatan, tetapi juga layanan pengantaran obat. Namun, sebelum Anda membeli obat yang dianjurkan, coba cek ulasan pembeli lain. Biasanya mereka memberikan kritik atau pujian mengenai jasa pelayanan obat tersebut. Jangan lupa bandingkan harga obat pada aplikasi tersebut dengan yang lain. Jika harga yang ditawarkan sangat murah, Anda patut curiga.

Bukan hanya pengantaran obat, aplikasi konsultasi kesehatan online juga memiliki direktori rumah sakit. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sedang berada di luar kota dan butuh pengobatan di rumah sakit terdekat.

Oleh karena itu, pastikan informasi rumah sakit yang diberikan lengkap, beserta fasilitas-fasilitas yang tersedia. Perhatikan pula daftar rumah sakit yang dianjurkan sesuai dengan bujet.

Jika suatu aplikasi layanan konsultasi kesehatan online tersebut semakin lengkap dan terpercaya tentu akan semakin baik. Salah satunya adalah KlikDokter yang menawarkan fitur yang beragam. Salah satu fitur yang bisa Anda dapatkan adalah konsultasi kesehatan dengan dokter terpercaya secara gratis selama 24 jam dalam seminggu.

Namun konsultasi kesehatan bukanlah satu-satunya fitur yang bisa Anda nikmati dalam aplikasi KlikDokter. Berbagai artikel kesehatan, baik tentang informasi penyakit dan obat, serta fitur Live Chat dan Health Tools juga bisa Anda dapatkan.

Berbagai informasi terbaru mengenai kesehatan juga bisa Anda temukan dalam artikel-artikel yang tersaji pada fitur info sehat. Mitos-mitos kesehatan yang banyak beredar pun tak perlu lagi membuat cemas karena Anda dapat menemukan fakta medis yang sebenarnya lewat informasi yang disajikan.

Seluruh informasi kesehatan yang ada di KlikDokter ditulis oleh sederetan dokter yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan. Hal ini membuat informasi yang disajikan memiliki akurasi yang sangat terjaga.





Simak Video "Sambut Bahagia Kelahiran Bayi Kembar 3 di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)