Rabu, 18 Sep 2019 23:05 WIB

Baca Novel Erotis, Alternatif Baru Redakan Stres

Rosmha Widiyani - detikHealth
Buku erotis bisa jadi cara menghilangkan stres. (Foto: iStock) Buku erotis bisa jadi cara menghilangkan stres. (Foto: iStock)
Jakarta - Riset membuktikan, stres atau gangguan cemas dapat diatasi dengan membaca novel erotis atau yang bertema seks. Cara ini tidak mengobati gangguan secara umum, namun membantu mengalihkan perhatian dan deg-degan yang muncul dari kondisi tersebut.

"Kamu bisa meredakan stres atau cemas dengan sesuatu yang menghasilkan respon fisik serupa, misal peningkatan debar jantung. Namun perasaan yang menyertai kedua kondisi tersebut beda. Deg-degan saat stres atau cemas biasanya disertai takut, beda dengan debar saat membaca novel erotis," kata konsultan seks dan kesehatan mental Sarah Jane dikutip dari Elite Daily.


Emosi yang menyertai debar jantung saat membaca novel erotis cenderung positif dan penasaran. Riset dari York University 2013 menyatakan, mereka yang membaca novel romantis punya level empati yang lebih baik daripada bacaan fiksi lain.

Selain itu, dunia medis mengenal fenomena bawah sadar yang disebut Misattribution of Arousal. Fenomena ini menyatakan deg-degan saat merasa cemas dan stres mirip dengan ketika bergairah. Keduanya memicu reaksi kimia serupa, sehingga manusia sangat mungkin mengalihkan stres menjadi sesuatu yang lebih baik.

Terkait hal tersebut, konsultan seks Kate Sloan mendukung siapa saja yang ingin mencoba meredakan stres dan cemas dengan novel erotis. Namun dampaknya belum tentu sama pada pria dan wanita. Bagi wanita novel bisa saja memicu rendah diri karena membandingkan dengan kondisi tokoh dalam fiksi.

"Harus diingat novel atau segala hal yang bertema erotis bukan menyembuhkan semua gangguan gelisah, depresi, atau dampak dari trauma. Namun silahkan saja bagi yang ingin mencoba atau berpikir novel erotis bisa membantu mengatasi gangguan stres," kata Loan.

Menurut Loan, konsultasi ke dokter tetap menjadi penanganan yang terbaik untuk stres dan gangguan cemas. Selama terapi, novel seks mungkin bisa membantu melalui semua tahapan hingga pasien bisa lekas pulih. Novel erotis juga mungkin bisa memperbaiki kehidupan seks yang berdampak baik pada kesehatan mental.



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)