Senin, 23 Sep 2019 17:48 WIB

Syarat Agar Hubungan dengan Pasangan Positif HIV Tidak Menularkan Penyakit

Firdaus Anwar - detikHealth
ART biasanya memanfaatkan kombinasi obat. (Foto: Kireina/detikHealth) ART biasanya memanfaatkan kombinasi obat. (Foto: Kireina/detikHealth)
Jakarta - Di media sosial Twitter viral cerita seorang wanita bisa bebas infeksi meski sudah 6 tahun menikah dengan pria positif HIV. Akun dengan nama pengguna @Suamikuhivpoz turut mengunggah apa yang tampak seperti alat tes HIV pada Sabtu (21/9).

"Yes, saya negative HIV, almost 6 years, married to HIV+ guy. With HAART treatment, we live like a normal married couple!!!," tulisnya.


Terapi HAART yang disebut oleh @Suamikuhivpoz juga dikenal dengan nama terapi antiretroviral (ART). Pada dasarnya dokter akan merumuskan obat yang dapat membantu meningkatkan sistem imun sekaligus menekan jumlah virus dalam darah.

Hal tersebut memungkinkan seorang pengidap HIV bisa berhubungan dengan pasangan tanpa khawatir akan menularkan penyakit. Laporan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan lebih rinci HIV tidak menular saat viral load (jumlah virus dalam darah) tidak terdeteksi atau kurang dari 200 kopi/mL.

"Data-data mengarahkan konsensus bahwa pengidap yang sudah berhasil dan mempertahankan viral load tidak terdeteksi tidak bisa menularkan HIV-nya pada pasangan secara seksual," kata WHO.

Lewat media sosial dan blog pribadi @Suamikuhivpoz sengaja membagikan kisah keluarganya untuk melawan stigma negatif di masyarakat. Ia sendiri sudah tahu status HIV sang suami sebelum menikah tahun 2014 lalu.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)