Kamis, 26 Sep 2019 06:00 WIB

Round Up

Cara Kerja Gas Air Mata dan Efeknya Saat Kedaluwarsa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Aparat menembakkan gas air mata untuk menghalau massa di Slipi (Foto: Antara Foto)
Topik Hangat Terkepung Gas Air Mata
Jakarta - Setiap kali ada bentrokan, gas air mata menjadi salah satu yang paling ditakuti. Susah sekali ditangkal efeknya, bikin mata perih dan bahkan sesak napas.

Gas air mata dikenal juga sebagai agen lachrymatory, dengan kandungan yang cukup beragam. Di antaranya adalah senyawa CS (chlorobenzylidenemalononitrile), CR, CN (chloroacetophenone), bromoacetone, phenacyl bromide, atau bahkan semprotan merica.

Meski efeknya bikin mata terasa pedih, gas air mata umumnya tidak secara langsung bereaksi dengan permukaan mata. Gas ini memberikan efek ketika terhirup, lalu berefek pada kelenjar air mata.

"Semua benda yang terhirup pasti ada efeknya. Kalau pasien yang punya alergi, terhirup akan jadi sesak. Selaput lendir di hidung itu akan bengkak," kata dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, Sp.B, dari Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia.



Demo pelajar dan mahasiswa pada 24-25 September 2019 juga diwarnai tembakan air mata. Sebuah foto viral menunjukkan selongsong gas air mata dengan tanggal kedaluwarsa 'use before' Mei 2016, dan diyakini membuat efeknya makin terasa pedih di mata.

"Pantesan perih bet, wong gas air matanya aja udah kadaluarsa," tulis keterangan dalam foto tersebut.



Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI Agus Haryono menjelaskan bahwa sensasi lebih pedih tidak berhubungan dengan tanggal kedaluwarsa. Sebaliknya, kemungkinan efek suatu senyawa akan berkurang bila sudah kedaluwarsa.

"Sebenarnya kalau bahan kimia itu kedaluwarsa dari struktur kimianya mungkin mengalami proses oksidasi. Artinya efek terhadap dia bereaksi efektivitasnya menurun," kata Agus.

"Jadi malah bukan tambah pedes ya. Karena reaksi terhadap mata jadi lebih tidak sensitif lagi," lanjutnya.



Simak Video "Libatkan IDI, Pemerintah Masih Tunggu Izin BPOM Terkait Vaksinasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Terkepung Gas Air Mata