Kamis, 26 Sep 2019 11:28 WIB

Gas Air Mata Terbuat dari Apa Sih? Ini Kata Ahli Kimia LIPI

Firdaus Anwar - detikHealth
Gas air mata terbuat dari bebagai senyawa kimia (Foto: Antara Foto) Gas air mata terbuat dari bebagai senyawa kimia (Foto: Antara Foto)
Topik Hangat Terkepung Gas Air Mata
Jakarta - Gas air mata terbuat dari apa sih? Pasti banyak yang penasaran, karena efek gas air mata ini benar-benar menyebabkan mata terasa pedih dan bahkan sampai sesak napas.

Kepada detikcom, Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI Agus Haryono menjelaskan bahwa gas air mata mengandung banyak sekali bahan kimia.

"Yang paling banyak digunakan adalah gas CS (Chlorobenzalmalonitrile)," jelas Agus, Kamis (26/9/2019).



Senyawa CS merupakan salah satu bahan yang mengaktifkan reseptor di tubuh dan berhubungan dengan rasa sakit. Namun ini bukan satu-satunya yang digunakan dalam gas air mata.

"Gas CN (Choloroacetophenone), bromoaseton, fenasil bromida, xylil bromide, semprotan merica/minyak cabai, dll," lanjut Agus.

Sedangkan terkait efeknya pada janin dan ibu hamil bila terpapar, Agus menyebut lebih terkait dengan pelarutnya. Salah satu pelarut yang paling banyak
digunakan adalah MIBK (methyl isobutyl ketone).

"Salah satu yang memungkinkan itu, sebenarnya bukan dari CS-nya sendiri tapi dari komposisi pelarut bisa mengakibatkan gangguan kromosom pada janin kalau ibu hamil terpapar berkali-kali," jelas Agus.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Terkepung Gas Air Mata