Senin, 30 Sep 2019 13:00 WIB

Viral Kena Tumor Payudara karena Mi Instan, Ini Kata Ahli Kanker

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Benarkah mi instan bisa sebabkan tumor payudara? (Foto: Istock) Benarkah mi instan bisa sebabkan tumor payudara? (Foto: Istock)
Jakarta - Sebuah cerita viral di Twitter menyebut seseorang terkena tumor di payudaranya. Dalam cerita tersebut, perempuan pemilik akun mengaku sudah berkonsultasi dengan dokter dan disebutkan bahwa tumor tersebut disebabkan karena terlalu banyak makan mi instan dan junk food lainnya.

Adanya tumor di payudara pertama diketahui saat sebuah benjolan sebesar bakso muncul di payudaranya. Ia panik dan kemudian melakukan USG dan menjalani operasi pengangkatan.

"2017 tuh gue sering makan junk food ya sama mie instan karena tinggal di asrama jadi nggak ada yang ngontrol. Pernah makan mie semingguan tuh bener-bener ga berhenti pokoknya. Pas bulan November ada benjolan," cuit perempuan tersebut.


Kepada detikcom, dokter ahli onkologi dari RS Mitra Kelapa Gading, dr Walta Gautama, SpB(K), Onk, mengatakan tidak ada hubungannya rutin makan mie instan dan junk food dengan tumor payudara.

"Nggak ada hubungannya. Jadi mi instan dan junk food ya hubungannya sama kolesterol, jadi nggak ada hubungannya bisa bikin tumor atau kanker. Kalaupun ada, mungkin makanannya memicu kanker (karsinogen) seperti makanan kalengan atau daging merah," jelasnya, Senin (30/9/2019).

"Jadi kalau dibilang terlalu banyak makan itu (mi instan) bisa jadi tumor, ya enggak lah. Bisa dituntut perusahaan mi instan nanti," imbuhnya.


dr Walta menjelaskan, tumor merupakan hal yang biasa dan tumbuh lebih cepat dari yang lain. Namun, hingga saat ini belum diketahui sebab atau akibat dan tidak ada hubungan yang bisa dijelaskan.

"Tumor itu kan sel yang berkembang tidak beraturan dan lebih cepat dari yang lain. Ditambah makan mi instan dan junk food itu engga ada hubungannya, belum diketahui sebab akibatnya jadi belum bisa dijelaskan," ujar dr Walta.

dr Walta menambahkan, sampai saat ini belum ada yang mengetahui dengan pasti penyebab munculnya tumor. Tumor bisa tiba-tiba tumbuh dalam tubuh tanpa penyebab yang jelas.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)