Senin, 30 Sep 2019 17:06 WIB

Ingin Sedot Lemak Seperti Salmafina? Ini 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Salmavina Sunan menjalani prosedur sedot lemak. (Foto: Palevi S/detikFoto) Salmavina Sunan menjalani prosedur sedot lemak. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Dalam unggahan Instagram, Salmafina Sunan menuliskan telah melakukan prosedur sedot lemak atau liposuction. Warganet menunjukkan beragam reaksi, mulai dari merespons positif atau penasaran dengan prosedur tersebut.

Menurut dokter ahli bedah plastik Dr dr Fonny Josh SpBP-RE(K), sedot lemak sebetulnya bukan prosedur asing. Namun ada pertimbangan dokter supaya hasil liposuction bisa maksimal.

"Dengan pertimbangan ini, dokter bisa mengetahui seberapa banyak lemak yang bisa diambil. Nantinya pasien bisa dapat gambaran apakah hasilnya sesuai harapan dia," kata dr Fonny.


Berikut 3 pertimbangan dokter pada pasien yang hendak melakukan liposuction.

1. Elastisitas kulit pasien

Pasien usia muda biasanya punya kontur kulit lebih baik. Pasien bisa pulih lebih cepat usai operasi yang melukai kulit untuk menyedot lemak.

Hal ini berbeda dengan ibu yang telah beberapa kali melahirkan sehingga punya kulit menggelambir. Dokter mungkin mempertimbangkan prosedur lain, misal tummy tuck, untuk memperbaiki tampulan ibu selain sedot lemak.

2. Pinch test

Tes ini dilakukan dengan mencubit kulit pasien di daerah yang akan disedot lemaknya. Dengan prosedur ini, dokter bisa mempertimbangkan jumlah lemak yang harus disedot.

"Selanjutnya prosedur dilakukan dengan tepat, supaya kulit dan penampilan pasien tetap baik. Jangan sampai terlalu sedikit atau banyak yang mengakibatkan kulit pasien terlihat berkerut," kata dr Fonny.

3. Kondisi pasien

Hal ini bisa berkaitan dengan bagian tubuh yang lemaknya akan disedot. Misal lengan yang dinilai terlalu besar, sehingga penampilan terlihat tidak baik saat menggunakan baju tanpa lengan.

"Harus tahu dulu, lengannya besar karena lemak atau otot. Untuk mengetahuinya bisa dengan prosedur yang dilakukan dokter. Kalau karena lemak bisa disedot supaya terlihat lebih baik," kata dr Fonny.



Simak Video "Merasa Jadi Korban Malapraktik Liposuction, Irene Tempuh Jalur Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)