Senin, 30 Sep 2019 19:45 WIB

Pertolongan Pertama Mata Kelilipan Saat Demo

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ricuh tak terhindarkan dalam demo hari ini (Foto: Rifkianto Nugroho) Ricuh tak terhindarkan dalam demo hari ini (Foto: Rifkianto Nugroho)
Topik Hangat P3K Korban Demo
Jakarta - Kericuhan kembali terjadi pada aksi demo mahasiswa dan pelajar di Kawasan Senayan, Jakarta. Berbagai benda, debu, dan kotoran beterbangan menghiasi aksi demo yang sedang berlangsung sehingga seiring menyebabkan kelilipan pada mata.

Mata merupakan salah satu alat indra yang sensitif terhadap benda asing. Saat terkena gas air mata, mata akan terasa perih dan berair. Tak hanya itu, debu, pasir, dan benda kecil lainnya yang melayang bersamaan dengan udara juga dapat menyebabkan kelilipan, hingga membuat mata gatal atau kemerahan.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut cara mengatasi mata kelilipan saat stok air terbatas bahkan tidak ada.



1. Kedipkan mata

Untuk mengeluarkan partikel asing dari dalam mata, cukup kedipkan berulang kali. Mengedipkan mata dapat menggerakkan partikel asing tersebut dan memicu keluarnya air mata yang dapat membasuhnya keluar dari mata. Caranya, cukup buka mata dengan lebar dan berkediplah dengan cepat. Lakukan secara cepat dan berulang kali hingga partikel terasa sudah keluar.

2. Tarik kelopak mata

Benda kecil seperti debu bahkan pasir akan sulit keluar dari mata. Tetapi benda tersebut masih bisa keluar dengan cara menekan kelopak mata. Caranya, jika partikel asing ada di dalam kelopak mata bagian atas, cukup tarik kelopak bagian atas. Begitupun sebaliknya, jika terjadi pada kelopak mata bagian bawah, maka tarik bagian bawah. Lakukan sambil berkedip atau memutar bola mata untuk menggerakkan dan mengeluarkan benda tersebut.

3. Ditiup

Saat kelilipan, pandangan mata akan terganggu, buram, bahkan mengganjal. Cara yang paling umum dilakukan dengan cara ditiup. Mintalah bantuan orang sekitar untuk meniup mata yang mengalami kelilipan. Lakukan berulang kali hingga merasa benda atau partikel asing telah keluar dari mata.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat P3K Korban Demo